Sukses

Cerita Cinta Joe Biden, Lamaran Ditolak 5 Kali Sebelum Diiyakan Jill

Apa alasan Jill menolak lamaran Joe Biden lima kali sebelum menerimanya?

Liputan6.com, Jakarta - Kisah cinta Joe Biden dan Jill, sang istri, disebut tak kalah romantis dari pasangan Obama, lelaki yang didampingi Joe semasa menjabat sebagai Wakil Presiden AS pada 2008-2016. Hubungan mereka sempat diwarnai kisah penolakan lamaran lima kali sebelum akhirnya mereka menikah pada 1977.

Dikutip dari laman Oprah Magazine, Minggu (8/11/2020), baik Joe maupun Jill sama-sama pernah menikah sebelum mereka bertemu. Pada 1972, Biden kehilangan istri pertamanya yang dikenal semasa kuliah, Neilia, sekaligus putrinya, Naomi, yang baru berusia 1 tahun akibat kecelakaan mobil. Ia pun harus mengurus dua putranya, Beau dan Hunter, seorang diri. 

Tiga tahun kemudian, ia bertemu dengan Jill yang saat itu masih berusia 24 tahun dan berstatus mahasiswa tingkat akhir. Sementara, Joe Biden yang berusia 33 tahun sudah berkarir sebagai senator. Jill sebelumnya bercerai dengan suami pertamanya pada saat masih menjadi mahasiswa baru.

"Aku mahasiswa senior dan pernah berkencan dengan lelaki bercelana jins, bakiak, dan kemeja, tetapi dia (Joe) datang ke rumah dengan memakai jaket olahraga dan loafer shoes, dan aku pikir, 'Ya Tuhan, ini tidak akan pernah berhasil, tidak dalam jutaan tahun," kata Jill kepada Vogue.

Meski begitu, mereka tetap melanjutkan kencan pertama mereka dengan menonton film 'A Man and a Woman' di bioskop di Philadelphia. Saat itulah ia menyadari bahwa mereka cocok satu sama lain.

"Ketika kami pulang ke rumah...dia menjabat tanganku sebelum mengucap selamat malam. Aku pun naik ke atas dan memanggil ibuku pada pukul 1 pagi dan berkata, 'Bu, aku akhirnya bertemu dengan seorang gentleman," kata Jill Biden.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gerbang Pernikahan

Setelah kencan itu, hubungan keduanya berjalan mulus. Joe pun yakin bila Jill akan menerima lamarannya. Faktanya, Joe harus melamar Jill lima kali sebelum diterima.

"Joe selalu mengatakan kepada orang-orang bahwa aku tak mau menikahinya sampai lima kali dia memintaku," kata Jill dalam pidato di Konvensi Nasional Partai Demokrat pada 2012 lalu. " Kebenarannya, aku mencintainya sejak awal."

Namun, ia mengaku saat itu tak ingin terburu-buru. Setelah kekecewaannya akibat perceraian di masa lalu, ia tak ingin merasa tak bisa mengontrol perasaannya lagi. Di samping, ia tak ingin calon anak-anak sambungnya merasakan kehilangan ibu lain setelah ibu mereka meninggal. Maka, ia berusaha meyakinkan dirinya seratus persen.

"Tetapi berbulan-bulan setelah Joe dan aku berkencan, hasrat itu melawan realita baru, aku jatuh cinta," tulis Jill dalam buku Where The Light Enters yang dipublikasi pada 2019 lalu.

Mereka pun akhirnya menikah di Kapel PBB dan menggelar resepsi di Sign of the Dove di New York. Mereka bahkan membawa serta dua anak mereka dalam bulan madu. Pada 1981, Ashley pun lahir.

"Keluarga kami lengkap," kata Jill dalam sebuah video yang diperlihatkan dalam Konvensi Nasional Partai Demokrat 2020.

3 dari 3 halaman

Selera Humor Tinggi

Meski anak sambung, hubungan kedua putra Joe dan Jill sangat baik. Ia menyebut Jill dengan kata Mom, sedangkan ibu mereka, Neilia, tetap dipanggil Mommy. Saat Beau meninggal dunia karena kanker otak yang dideritanya pada 2015 lalu, duka yang dirasakan Jill juga sedalam seperti ibu kehilangan anaknya. Karena kehilangan itu, Joe memutuskan tidak berkompetisi dalam Pilpres AS 2016 lalu.

Dikutip dari laman Harpers Bazaar, Jill menurut sang cucu, Naomi Biden, adalah sosok yang iseng. Ia juga kerap membangunkannya pada pukul 5 pagi. Ia pun dikenal akrab dengan sang cucu dengan kerap mengajaknya pergi ke luar di malam Natal.

"Dia orang iseng, dia sangat nakal. Saat dia lari, terkadang dia akan menemukan seperti ular mati, dan dia akan mengambilnya dan memasukkannya ke dalam tas, dan dia akan menggunakannya untuk menakut-nakuti seseorang," kata Naomi.

Jill juga dikenal sebagai penjaga Joe, khususnya saat ia berkampanye untuk Pilpres AS 2020. Saat seorang demonstran berusaha mengacak-acak Biden yang sedang berpidato pada 4 Maret 2020, ia spontan menghalanginya untuk melindungi sang suami. Video konfrontasi itu beredar viral di media sosial. Atas aksi Jill, Joe pun berkelakar bila tak banyak orang tahu sang istri juga bertugas sebagai Paspampres.  (Vriskey Herdiyani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.