Sukses

Arsitektur Rumah Modern yang Keren nan Futuristik

Liputan6.com, Jakarta - Desain hunian mengalami perkembangan yang kian pesat. Para arsitek masa kini semaakin bebas untuk berkreasi. Kerap kali, desain yang dirancang menyesuaikan dengan kondisi lingkungan, selera klien, penggunaan material, hingga tema utama dari rumah tersebut.

Adapun tema yang diterapkan dalam desain sebuah hunian juga tak kalah beragam. Terkadang, tidak hanya menghadirkan satu gaya tertentu, berbagai gaya pun dapat dikombinasikan dengan tetap mengutamakanharmonisasi.

Sebagai contoh, arsitektur rumah modern dengan tampilan futuristik seperti pada hunian berikut. Karya ini sekaligus menjadi bukti kreativitas arsitek saat ini. Yuk, simak inspirasinya dalam rangkuman Arsitag berikut ini.

Desain Bangunan

Ada beberapa hal yang menarik perhatian begitu Anda melihat arsitektur rumah modern ini untuk pertama kali. Hal pertama, tentu saja bentuk bangunan secara keseluruhan yang terlihat berbeda dengan rumah pada umumnya. Tampak depan rumah bisa dikatakan asimetris, memiliki tiga bagian massa bangunan.

Keunikannya, masing-masing bagiannya memiliki tingkat ketinggian yang berbeda. Bagian tengah bangunan berbentuk menyerupai kotak yang menonjol ke depan dengan atap miring, yang membuatnya terlihat berbeda dengan bagian kanan dan kiri pada bagian atap datar.

Desain arsitektur rumah modern ini juga terlihat berbeda pada bagian puncak rumah. Bagian puncak dengan atap miring ini dikelilingi oleh jendela kaca yang sekilas akan mengingatkan pada menara yang ada di bandara udara. Dari pengamatan lebih lanjut, material kaca ini juga dapat ditemukan di berbagai area lain di dalam hunian ini.

2 dari 6 halaman

Perpaduan Material Alam dan Modern dengan Bentuk-bentuk Geometris

Desain arsitektur rumah modern ini menggabungkan banyak elemen yang semuanya berpadu menjadi satu kesatuan yang tampil keren sekaligus futuristik. Dari bagian pintu masuk, terlihat beberapa elemen memikat yang langsung menarik perhatian.

Mulai dari material alam berupa batu alam yang dipergunakan sebagai dinding, serta kayu sebagai lantai. Sedangkan, sisi dinding yang berlawanan terbuat dari material modern, yaitu kaca dengan penambahan pola catur yang memberikan pantulan cahaya yang menarik.

Hal paling unik dari area ini adalah permainan bentuk geometris yang bisa dibilang tidak biasa. Bentuk geometris dihadirkan dalam motif catur pada dinding kaca, bentuk persegi panjang yang ditata secara horizontal pada lantai, dan tentu saja bentuk jajar genjang yang terlihat pada kedua sisi dinding yang miring ke kiri.

Elemen menarik lain yang hadir dalam rumah modern futuristik adalah atap kaca memanjang, yang berada di atas jalan masuk. Atap kaca ini memungkinkan cahaya matahari tetap masuk dengan leluasa ke area di bawahnya.

3 dari 6 halaman

Elemen-Elemen dengan Desain Futuristik

Tidak salah bila desain arsitektur rumah modern ini disebut memiliki tampilan yang futuristik. Mengingat banyak elemen yang terkesan seakan-akan berada di masa depan.

Di dalam ruang keluarga misalnya, elemen-elemen tersebut meliputi banyaknya penggunaan material kaca, serta material mengkilat lainnya dalam seluruh ruangan. Kemudian, ditunjang oleh formasi bentuk geometris pada rak TV, dekorasi ruangan yang tergantung di atas meja, serta dominasi penggunaan warna hitam dan putih beraksen mengkilat.

4 dari 6 halaman

Dominasi Material Mengkilat

Secara umum, material yang mengkilat dan memantulkan cahaya menjadi material yang mendomininasi desain arsitektur rumah modern ini. Material kaca contohnya, bukan hanya dipergunakan sebagai jendela, namun juga diaplikasikan sebagai material atap yang memberi akses masuknya cahaya matahari.

Selain itu, material mengkilat yang memantulkan bayangan serta cahaya matahari pun dapat ditemukan pada salah satu lorong dalam rumah. Hal-hal inilah yang memperkuat kesan futuristik pada seluruh bagian rumah modern keren ini.

5 dari 6 halaman

Konsep Open Floor Plan

Desain arsitektur rumah modern juga menggunakan konsep open floor plan untuk area dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Jika Anda perhatikan, area keluarga berada pada level yang lebih rendah dibandingkan area dapur dan ruang makan.

Permainan tingkat ketinggian lantai berbeda ini berfungsi sebagai pemisah fungsi ruangan tanpa perlunya penggunaan dinding fisik. Rancangan hunian secara berani menonjolkan bentuk-bentuk geometris bahkan asimetris.

Ditambah, desainnya yang cermat dan teliti, membuat karakteristik pilihan material yang ada tampil tegas dan jelas. Seperti material kaca yang justru semakin mempertegas dan menunjang kesan futuristik yang diinginkan. Apakah Anda termasuk penyuka desain futuristik seperti ini?

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: