Sukses

Dukung Pariwisata Banyuwangi, Damri Sediakan Angkutan Gratis ke Destinasi Wisata

Kementerian Perhubungan bersama Perum Damri telah menyediakan layanan angkutan wisata gratis rute ke Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, dan TN Baluran.

Liputan6.com, Jakarta Bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi kini dipermudah mengunjungi obyek-obyek wisata. Kementerian Perhubungan bersama Perum Damri telah menyediakan layanan angkutan wisata gratis rute ke Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, dan TN Baluran.

General Manager Damri Banyuwangi Resta Mahardika menjelaskan, pihaknya mendapatkan perintah dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub untuk program pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi covid-19. Damri diminta menyediakan armada angkutan gratis bagi wisatawan pada kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) di Banyuwangi.

“Banyuwangi adalah salah satunya. Program ini sudah jalan sejak 15 Oktober 2020 lalu dan akan berlanjut hingga akhir tahun,” kata Resta.

Untuk menjalankan program ini, Damri menyiapkan 8 armada terdiri dari empat unit medium bus masing-masing berkapasitas 20 orang, dan empat unit Hiace berkapasitas 14 orang per armada.

“Layanan ini setiap hari ada dan gratis. Penumpang tidak dikenakan biaya apapun. Operasionalnya juga menggunakan standar protokol kesehatan covid,” tegas Resta.

"Baik petugas maupun penumpang wajib dicek suhu tubuhnya, menggunakan masker, jaga jarak, dan rutin menggunakan hand sanitizer. Ini wajib dilakukan agar kita semua terhindar dari covid-19," imbuhnya.

Secara teknis, angkutan wisata gratis ini akan diberangkatkan dari halaman parkir Taman Sritanjung menuju 4 destinasi. Yakni, Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, dan Taman Nasional Baluran.

"Penumpang silakan mendaftar ke petugas. Saat ini kami tengah menyiapkan aplikasi pendaftaran online-nya. Ke depan, penumpang cukup mendaftar lewat Damri Apps, untuk menyesuaikan jadwal dan kuota yang ada," jelasnya.

Berikut jadwal untuk sejumlah rute. Rute Kawah Ijen, berangkat (pukul 09.00 WIB, 15.00 WIB, 21.30 WIB) dan pulang (pukul 09.00 WIB, 15.00 WIB, 21.30 WIB).

Rute Baluran, berangkat (07.30 WIB, 12.00 WIB, 15.00 WIB) dan pulang (09.00 WIB, 11.00 WIB, 17.00 WIB). Rute TN Alas Purwo, berangkat (07.00 WIB, 08.30 WIB), pulang (14.30 WIB, 15.30 WIB).

“Untuk rute selanjutnya, Pulau Merah ada 2 kali keberangkatan, pukul 09.00 WIB dan 11.00 WIB. Pulang pukul 15.00 WIB dan 17.00 WIB,” terang Resta.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda menyambut baik program Kemenhub tersebut. “Semoga layanan ini bisa mendorong geliat ekonomi lewat sektor pariwisata daerah,” kata Bramuda.

Dikatakan Bramuda, program ini akan melengkapi program Dinas Perhubungan Banyuwangi yang juga menyediakan angkutan gratis ke sejumlah lokasi wisata. Program yang telah berjalan tiga tahun ini, menyediakan layanan ke 4 rute, yakni Pulau Merah, Bangsring Underwater, City Tour dan Kawah Ijen.

“Kami senang karena dengan tambahan angkuta ini semakin banyak wisatawan yang bakal mendapatkan fasilitas transportasi dengan mudah,” kata Bramuda.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini