Sukses

Ada Replika Taman Nasional Way Kambas di Kebun Binatang Australia

Liputan6.com, Jakarta - Destinasi wisata Indonesia tak hanya dikagumi di tanah air, tapi juga di mancanegara seperti Australia. Di Taronga Zoo atau Kebun Binatang Taronga yang terletak di Sydnery, terdapat replika Taman Nasional Way Kambas, Lampung, yang ramai jadi perbincangan.

Ramainya perbincangan itu berawal dari unggahan akun TikTok @rapuncila, baru-baru ini. Dalam unggahan itu tampak suasana Indonesia di Kebun Binatang Taronga, Australia, mulai dari warung, gerobak mi bakso, tahu kupat, sampai bengkel.

Sejumlah rumah tampak berdiri seperti berhadap-hadapan dengan jalan beraspal di tengahnya. Pepohonan tampak menghiasi kawasan tersebut, terasa seperti di Indonesia.

"Australia rasa Indonesia," tulis akun @rapuncila sebagai keterangan video. Sejumlah turis tampak ramai berkunjung ke kawasan itu.

Mereka boleh jadi penasaran ini melihat kemiripan replika Way Kambas di Australia dengan yang asli di Indonesia. "Ini di Sydney Australia loh. Tempatnya dibikin mirip banget sama Taman Nasional Way Kambas," imbuh akun tersebut.

2 dari 3 halaman

Taronga Zoo

Kebun Binatang Taronga di Sydney, Australia, ternyata telah lama menjalin kerja sama dengan Taman Nasional Way Kambas untuk menyelamatkan badak Sumatera. Hal itu bisa dilihat dari laman Taronga Zoo.

Kebun binatang ini terletak di pesisir pelabuhan Sydney. Tempat ini sudah sangat lama dibuka, tepatnya pada 7 Oktober 1916.

"Dalam 100 tahun Taronga telah berkembang dari lokasi hiburan menjadi pusat konservasi dan pendidikan," tulis laman tersebut.

Berdiri di atas lahan seluas 287 hektare, Kebun Binatang Taronga memiliki lebih dari 26 ribu binatang. Mereka yang berkunjung ke Sydney umumnya selalu mengunjungi lokasi wisata tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :