Sukses

Inspirasi Menata Apartemen Minimalis agar Tak Terkesan Monoton

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai namanya, desain minimalis identik dengan mengeliminasi dekorasi tak perlu, sehingga memberi kesan bersih sesuai gaya hidup modern. Konsepnya kemudian banyak diadopsi lewat desain interior apartemen minimalis modern sebagai pilihan masa kini.

Konsep hunian minimalis modern banyak diterapkan apartemen berkat kemampuan menciptakan kesan lapang, terlepas dari ukurannya yang cenderung terbatas. Hal inilah yang terlihat dalam desain sebuah apartemen di daerah Jakarta besutan Vivere.

Desainnya fokus pada gaya minimalis sekaligus menggunakan warna natural yang membuatnya terlihat lebih elegan. Berikut ulasannya seperti dirangkum Arsitag.

Warna Natural dari Bahan Alam

Penggunaan warna natural dapat dilakukan dengan berbagai cara. Di apartemen minimalis modern ini, hal tersebut diwujudkan lewat pemanfaatan bahan alam berupa kayu dan rotan.

Keduanya jadi bahan pilihan utama furnitur di area makan yang sekaligus dapat jadi ruang tamu. Penggunaannya dinilai memberi kesan homey sehingga penghuni lebih nyaman.

Dekorasi Ruang Kerja

Area kerja dalam hunian berukuran kecil tak harus berada dalam ruangan tersendiri. Ruang kerja dapat diletakkan di sudut ruangan, lorong, atau berbagi dengan area lain dalam hunian.

Area kerja pada apartemen minimalis modern ini hanya berupa meja kerja sederhana, dilengkapi lampu lantai sebagai penunjang sumber penerangan. Hal menarik dari ruang kerja ini adalah pengulangan dalam bentuk desain meja dan kursi.

Desain kedua furnitur tersebut serupa dengan yang ditemukan di ruang makan sebelumnya, baik dari segi warna maupun bentuk. Sebagai sentuhan personal, ditambahkan dua lukisan dinding, pot tanaman mini, dan terrarium di atas meja.

Selain itu, terdapat sebuah sentuhan motif etnik menawan pada alas kursi. Warna yang digunakan masih natural, sesuai tema apartemen minimalis secara keseluruhan.

2 dari 4 halaman

Kombinasi Warna Gelap dan Terang

Secara umum, tampilan elegan dari desain interior apartemen minimalis modern terpancar berkat kombinasi warna natural gelap dan terang. Warna putih lembut dan variasinya dimanfaatkan sebagai warna dasar pada lantai, dinding, karpet, serta gorden jendela.

Sedangkan, hitam dan cokelat jadi warna utama untuk semua furnitur dalam hunian, seperti pada meja, kursi, dan lemari. Perpaduan kedua warna dihadirkan dalam setiap ruangan dan jadi penyatu tema natural pada desain apartemen secara keseluruhan.

Letupan Warna Cerah dan Lembut

Menghindari kesan monoton, desainer menghadirkan letupan warna-warna lain dengan cara yang halus. Kehadiran tanaman hijau berbagai bentuk dan ukuran adalah salah satu di antaranya. Tanaman hijau penyegar mata pun dapat ditemukan di sudut ruangan, di atas lemari, serta di atas meja. 

Letupan warna di apartemen minimalis modern ini juga dihadirkan dalam bentuk lain, mulai dari warna emas pada pot terrarium, sampai pada lukisan bertema binatang yang muncul hampir di setiap ruangan. Kehadiran warna-warna tersebut membuat hunian terlihat lebih memikat dan elegan tanpa kesan berlebihan.

3 dari 4 halaman

Desain Minimalis pada Seluruh Ruangan

Desain minimalis terlihat jelas pada seluruh ruangan dalam apartemen ini. Setiap benda punya fungsi tersendiri, juga di saat bersamaan bersifat dekoratif untuk mempercantik ruangan. Tak lupa, pemilihan warna natural yang cenderung gelap punya andil dalam menciptakan suasana nyaman.

Pengulangan warna dan bentuk dapat ditemukan pada seluruh ruangan, salah satunya pada pilihan model lampu. Semua lampu duduk dan lampu berdiri dalam hunian minimalis modern ini memiliki tudung serupa dengan warna berbeda. Keseragaman desain mampu membangun rasa akrab yang hangat dan nyaman bagi penghuni.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: