Sukses

Berat Badan Pria Jepang Turun Lebih dari 10 Kg karena Main Gim, Kok Bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Diet ketat ditambah olahraga acap kali jadi sebab di balik penurunan berat badan secara drastis. Tapi, siapa sangka bahwa bermain gim pun punya peran tak kalah krusial dalam mengendalikan berat badan?

Pada Juli, pengguna Twitter asal Jepang membagikan foto dirinya dengan fomat before-after. Di potret tersebut, ia membandingkan bentuk tubuh pada November lalu dengan tubuhnya yang sekarang terlihat berotot.

Di potret yang dimaksud, tampak jelas perut sixpacks bersama sepasang abs V-cut di dekat pinggangnya. Pada kolom keterangan, ia menuliskan telah berhasil memainkan role-playing Ring Fit Adventure selama enam bulan.

Itu merupakan gim Nintendo Switch yang menggabungkan genre RPG tradisional dengan tantangan berbasis latihan. Misal, keefektifan serangan bergantung pada seberapa baik Anda menyelesaikan latihan.

Pemilik akun Kzm berkomentar, ia memainkan permainan tersebut sekitar lima hari seminggu selama satu jam. Sesi tersebut bisa dilakukan dengan berbagai latihan sekitar 25 hingga 35 menit.

Media Hong Kong, HK01, sebagaimana dilansir dari AsiaOne, Rabu, 23 September 2020, melaporkan bahwa ia menghabiskan lebih dari 100 jam bermain gim. Format gim membuatnya membakar hampir 22 kkal dan mencatatkan waktu berlari 175 kilometer (km) sesuai pencapaian permainan.

Ketika ditanya tentang berat aslinya oleh pengguna Twitter, pemilik akun Kzm ini menjawab, berat badan sebelum bermain gim sekitar 70 hingga 72 kilogram (kg). Sementara, saat ini beratnya 58,5 kg, turun lebih dari 10 kg dalam waktu enam bulan.

2 dari 3 halaman

Aktivitas Fisik Paling Bermanfaat

Dalam sebuah wawancara dengan J Town Net, pria 24 tahun itu berbagi bahwa perubahan pada tubuhnya dimulai sekitar satu setengah bulan setelah bermain gim. Kala itu, ia mulai menyadari berat badannya turun secara bertahap.

Perubahan tersebut terbukti ketika celana yang dibeli pada April tahun ini terlalu longgar untuk dipakai. Beberapa aktivitas fisik yang ada dalam permainan tersebut antara lain pendaki gunung, plank, dan boat pose.

Menurutnya, gerakan yang paling menantang sekaligus bermanfaat adalah plank, kendati awal harus diperjuangkan lebih keras. Adapun dietnya, ia mengaku tak mengikuti pola makan khusus. Biasanya ia hanya mengonsumsi ham dan telur atau tahu dan yogurt untuk sarapan, dan mi cup untuk makan siang.

Sedangkan, menu makan malamnya terdiri dari salmon, nasi, sup miso, dan sayuran. Ia pun membantah meminum protein shake untuk mendapatkan tubuh berotot.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: