Sukses

Cerita Akhir Pekan: Menjamurnya Katering Diet

Liputan6.com, Jakarta -  Anda mungkin sedang berencana atau bahkan sudah menjalani diet. Tidak ada lagi alasan diet dimulai esok hari. Saat ini, ragam pilihan konsep diet dapat diterapkan, salah satunya melalui cara untuk lebih selektif terhadap asupan makanan sehari-hari.

Tentunya bukan hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga baik bagi kesehatan diri, apalagi di masa pandemi corona sekarang ini. Selain itu, membiasakan diri untuk melakukan pola hidup sehat akan menjadi keuntungan bagi kita. Kabar baiknya, saat ini tersedia beragam katering diet di Indonesia, terutama di Jakarta.

Tak perlu repot memasak atau menyiapkan sendiri, sejumlah katering sehat berikut sudah menyiapkannya khusus bagi Anda. Seperti apa katering diet dan apakah semuanya hanya menyediakan makanan berbahan nabati atau plant based atau masih menyediakan daging?

Sebagian besar katering memang hanya menyediakan paket makanan plant based, salah satunya Plantful. Dengan berbasis bahan nabati, mereka tidak menggunakan bahan-bahan yang mengandung hewani seperti daging ayam, ikan, sapi, telur, dan keju.

"Menu kami berubah setiap hari. Kami tidak hanya katering makanan, tapi ada juga cold pressed juice, almond milk, dan frozen food, namun Vegan. Kami juga ada konsultasi dengan Plant-Based Nutritionist," terang Plantful dalam pesan tertulis mereka pada Liputan6.com, Jumat, 18 September 2020.

Katering diet ini menerima pesanan di wilayah JADETABEK (Jakarta, Depok, Tangerang dan Kota Bekasi). Punya beberapa paket katering, seperti Healthy Diet Package, Super Weightloss Package, Fit Mom Package, Fetox Program (Cold Pressed Juice) dan Cleansing Package (Salad Box).

Konsep hampir senada tapi agak berbeda juga dijalankan Burgreens. Mereka tak hanya menyediakan katering diet tapi juga restoran. Burgreens membuka beberapa restoran di Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Bandung. Untuk katering diet mereka mempunyai tiga buah paket yaitu Just Clean Eating, Weight Loss & Healing lite dan Active Weight Loss & Healing dengan range harga Rp350 ribu sampai Rp1,1 juta per lima hari.

Untuk menu makanananya, sudah ditentukan oleh tim Burgreens. Jadi para pelanggan bisa memilih restrictions yang sesuai untuk mereka, seperti Vegan, Peanut-free, Gluten-free, Onion-free, No Spicy, dan No Restriction.  Dalam waktu dekat, Burgreens akan meluncurkan mealplan diet mereka yang terbaru.

2 dari 4 halaman

Ada yang Konsisten, Ada yang Hanya Mencoba

"Paket yang paling banyak diminati adalah Just Clean Eating, biasanya banyak yang mau mencoba makan vegan atau vegetarian. Jadi mereka lebih memilih 1 makanan per hari dalam 5 hari," jelas pihak Burgreens dalam pesan tertulis pada Jumat, 18 September 2020.

"Kalau customer kita tipenya beragam. Ada yang konsisten melakukan repeat order berkali-kali. Ada juga yang hanya mencoba satu kali dan kemudian memesan lagi di waktu lain," sambung mereka.

Untuk menu katering sama dengan yang ada di restoran mereka, seperti Vegan Rendang Platter, Mighty Mushroom Burger, Kungpao Tofu, Max Chick'n Caesar Salad, dan masih banyak lagi.

Di masa pandemi ini, restoran mereka tetap buka tapi hanya melayani pesan antar dan untuk dibawa pulang. Katering diet dengan konsep berbeda diusung oleh Gorry Gourmet.

Bagi mereka, makanan sehat termasuk untuk diet tak hanya identik dengan sayuran, buah-buahan dan makanan yang terkesan hambar. Mereka tetap menyediakan daging atau gorengan tapi tentunya jumlahnya dibatasi serta yang rendah lemak dan menggorengnya tidak terlalu banyak memakai minyak.

Gorry Gourmet sudah menyediakan layanan pesanan secara online sejak 2014, khusus untuk daerah Jakarta, Tangerang dan Tangerang Selatan. Beberapa menu mereka antara lain, Tenderloin Steak Mushroom, Spiced Chicken Sushiroll, Steamed Fish Coriander Soya, Wonton Noodle, Lumpia Rendang, dan masih banyak lagi.

3 dari 4 halaman

Konsultasi dengan Ahli Gizi

Dalam sebulan, mereka mengganti menu setiap hari sehingga tak ada menu yang sama dalam waktu satu bulan agar para pelanggan tidak jenuh. Mereka juga punya aplikasi kesehatan GorryWell khusus untuk para pelanggan katering mereka. Dalam aplikasi ini, disajikan banyak fitur yang dapat memudahkan pengguna mengontrol tingkat kesehatannya, termasuk konsultasi dengan ahli gizi dari Gorry Gourmet.

"Kita tidak membatasi khusus menu plant based karena kita punya capability dan tim yang cukup untuk serve market yang lebih variatif. Gorry selalu percaya kebutuhan setiap orang berbeda jadi kita mau bantu orang sebanyak-banyaknya," jelas Herry Budiman CEO Gorry Holdings lewat pesan tertulis pada Jumat, 18 September 2020.

Ia menambahkan, selama pandemi ini orang punya waktu dan kesempatan untuk lebih aware tentang kebutuhan mereka. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi sehingga permintaan mereka cukup meningkat.

Bagi Anda yang masih mencari atau mungkin mengganti katering diet, dengan makin bannyak dan beragamnya katering diet tentu bisa menambah alternatif bagi Anda dalam menentukan pilihan yang dianggap terbaik.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: