Sukses

Rayakan Ultah, RM BTS Donasi Miliaran Rupiah untuk Museum Seni

Liputan6.com, Jakarta -  RM BTS alias Kim Namjoon baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 26 pada 12 September 2020. Para penggemar di seluruh dunia yang dikenal dengan sebutan Army pun merayakan hari jadi pemilik nama asli Kim Namjoon itu.

Momen ulang tahunnya pun ditandai dengan mengunggah sederet potret memperlihatkan figur RM BTS ini dalam berbagai tampilan. Ulang tahun ini dirayakan bersama kesuksesan 'Dynamite' bertengger di peringkat pertama Billboard Hot 100.  BTS jadi band pertama asal Korea yang menduduki puncak tangga lagu Amerika Serikat.

Namun bukan hanya soal penampilan dan prestasi yang dilakukan RM BTS dalam merayakan ulang tahunnya. Ia juga melakukan tindakan yang sangat terpuji.

Menurut National Museum of Modern and Contemporary Art (MMCA) di Korea Selatan, RM BTS telah memberikan sumbangan kepada mereka sebesar 100 juta won atau setara dengan Rp1,2 miliar.

Donasi itu bakal digunakan untuk pencetakan ulang buku-buku seni yang sulit ditemukan dan sudah tidak dicetak lagi. Beberapa di antaranya direncanakan dikirim ke sekolah dasar dan menengah di 400 tempat di seluruh Korea Selatan. Buku-buku yang dicetak ulang ini juga akan tersedia di toko buku museum.

Dilansir dari laman Soompi, Senin (14/9/2020), Direktur Museum MMCA Yoon Bum Mo mengatakan, RM memang pernah mengungkapkan keinginannya untuk mendukung bidang seni, karena merasa telah menemukan inspirasi dan kenyamanan di sana.

"Seperti halnya dia bisa mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang seni melalui buku, RM berbagi harapannya agar anak-anak dan remaja yang mungkin sulit mengakses museum bisa lebih mudah bersentuhan dengan seni melalui buku-buku ini. Kami sangat senang dan terkejut mendengar keinginannya," ungkap Bum Mo.

2 dari 3 halaman

Suka Merekomendasikan Buku

"RM selalu berusaha mengunjungi museum meski jadwalnya padat. Ia sudah memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan minat pada seni, dan kami akan bekerja keras untuk memperluas praktik membaca buku tentang seni," tambahnya.

Sebelumnya, para ARMY juga mengadakan proyek perayaan ulang tahun RM dengan berkolaborasi bersama Kyobo Books untuk membuat sudut kecil spesial bagi idola mereka. Proyek ini sangat pas karena RM dikenal suka buku dan kerap merekomendasikannya kepada penggemar.

Kyobo Books mengubah sudut "Judul yang Direkomendasikan" ke sudut untuk buku-buku yang direkomendasikan oleh RM, lengkap dengan poster serta spanduk bergambarkan wajahnya.

Dilansir dari laman Koreaboo, para ARMY juga membuat poster secara hati-hati sehingga di setiap poster ada gambar RM sedang membaca buku, yang disesuaikan dengan tema toko buku.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: