Sukses

Respons Hotel pada Kebijakan PSBB Jakarta, Apa Saja yang Bakal Berubah?

Perhotelan adalah satu dari 11 bisnis esensial yang tetap boleh beroperasi di masa PSBB total di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Menarik rem darurat guna menekan transmisi COVID-19, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan penerapan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Bukan lagi PSBB transisi, kebijakan PSBB Jakarta seperti awal masa pandemi efektif pada Senin, 14 September 2020.

Bersama keputusan tersebut, publik bakal kembali bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Hanya 11 bisnis esensial yang boleh beroperasi di masa PSBB total dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan, salah satunya dengan membatasi jumlah karyawan dalam satu shift.

Perhotelan jadi salah satu sektor yang diperbolehkan beroperasi selama PSBB total. Florencia Irena, Marketing Communication Executive Novotel and ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square, menuturkan bahwa pihaknya akan mematuhi peraturan pemerintah.

"Lebih lanjutnya kami pun sekarang sedang menunggu surat detailnya lagi dari Dinas Pariwisata (Jakarta)," jelasnya lewat pesan pada Liputan6.com, Kamis, 10 September 2020. Selama beroperasi di masa PSBB total nantinya, Florencia menjelaskan, standar kebersihan dan protokol kesehatan ALLSAFE bakal tetap diterapkan.

Tak hanya di kamar hotel, tapi juga area publik, lift, dan fasilitas penunjang lain. "Sebagai gambaran, untuk breakfast, kami masih menerapkan pengantaran ke kamar, sehingga tetap menyesuaikan dengan kebijakan PSBB," ungkapnya.

Dukungan akan kebijakan PSBB pun disuarakan Public Relations Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk Jakarta, Lili Julianda. "Kami pasti selalu mendukung pemerintah apa pun himbauan dan regulasi yang ditetapkan, termasuk penerapan PSBB kembali," ungkapnya melalui teks.

Sejauh ini, kata Lili, pihaknya masih beroperasi normal dengan ketentuan protokol yang sudah ditetapkan di awal pelonggaran PSBB. Soal operasional di masa PSBB total, Lili mengaku masih berdiskusi lebih jauh guna membahas tindakan preventif secara mendalam. Sementara, regulasi serupa tengah dirancang pihak eL Hotel Royale Jakarta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perubahan Operasional Restoran Hotel

Florencia menambahkan, operasional restoran hotel pun akan mengikuti kebijakan pemerintah. Lewat keterangan resmi, pihaknya memberi pilihan eksplorasi kuliner lokal lewat pilihan menu baru, yaitu Pindang Iga Asam Pedas khas Sunda di restoran sTREATs.

"Tersedia untuk room delivery, take away, dan online delivery dengan diskon spesial," ucapnya. 

Adhi Firdaus, Executive Chef Novotel dan ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square menjelaskan, "Demi menjawab keinginan eksplorasi kuliner khas lokal, kami menawarkan cita rasa khas Sunda, yaitu Pindang Iga Asam Pedas yang menyegarkan," imbuhnya.

Sebelum diskon, Pindang Iga Asam Pedas dibanderol Rp110 ribu nett per porsi di restoran sTREATs, ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.