Sukses

Berkenalan dengan Francisca Luhong James, Miss Malaysia 2020 Keturunan Dayak

Selain mahkota Miss Malaysia 2020, Francisca Luhong James juga memenangkan Best in Evening Gown dan Miss Auto Bavaria Elegance.

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Francisca Luhong James, gadis keturunan Dayak yang telah dinobatkan sebagai Miss Malaysia 2020. Melansir laman Says, Senin (7/9/2020), perempuan 24 tahun ini berhasil mengalahkan 17 finalis lain di malam grand final yang ditayangkan pada Sabtu, 5 September 2020, lewat situs web resmi Miss Universe Malaysia Organization (MUMO).

Posisi Francisca diikuti finalis asal Selangor, Clarissa Chong, yang menyabet first runner-up. Kemudian, finalis asal Johor dan Kuala Lumur, Serene Chai Yong Bin, juga Neha Verma yang berada di posisi second dan third runner-up.

Selain mahkota Miss Malaysia 2020, Francisca juga memenangkan Best in Evening Gown dan Miss Auto Bavaria Elegance. Dengan akar campuran dalam garis keturunan Kayan-Kenyah-Iban, Francisca adalah orang Sarawak ke-8 yang memenangkan gelar Miss Universe Malaysia.

Ia tercatat lahir dari ayah seorang Kayan dan ibu yang merupakan keturunan Iban. Fakta ini membuat Francisca merupakan perempuan asli Dayak dengan campuran garis keturunan sebagaimana telah disebutkan.

Ayahnya, James Bungan, adalah turunan Orang Ulu yang berasal dari Ulu Sungai Asap. Sedangkan, ibunda Miss Malaysia 2020,  Pauline Japok, merupakan seorang Iban asal Kanowit, menurut laporan Borneo Post Online.

Selain sebagai model paruh waktu, Fracisca bekerja di bidang relasi publik dan pemasaran di Kuala Lumpur. Ia pun berperan dalam pemberdayaan perempuan lewat gerakan Women Rise dan terlibat dalam acara amal di daerah pedesaan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perempuan Dukung Perempuan

Melalui gerakan tersebut, Francisca dijelaskan berupaya mengadvokasi pemberdayaan perempuan. Berdasarkan laporan BorneoTalk, ia percaya bahwa wanita dapat mencapai tingkatan lebih tinggi jika saling mendukung.

Selain itu, Francisca juga memiliki kegiatan amal di pedesaan di Sarawak, yaitu #StirringUpBorneo.

Momen penobatan sebagai Miss Malaysia 2020 dikatakannya sebagai berkah luar biasa. "Tidak ada kata yang dapat menggambarkan betapa bersyukur saya atas kesempatan ini. Saya ingat ketika saya memutuskan untuk bergabung dengan MUM2020, satu-satunya orang yang mengetahui tentang ini adalah ibu saya," tulisnya dalam keterangan foto Instagram, Minggu, 6 September 2020.

"Saya memutuskan ikut kontes ini dengan hati terbuka dan untuk mempercayai Yang Maha Kuasa ke manapun jalan ini menuju. Sepanjang perjalanan, saya menyadari betapa pentingnya memercayai proses dan diri Anda sendiri. Bahwa segala sesuatu terjadi karena suatu alasan," imbuh Francisca.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.