Sukses

Popularitas Dua Lipa Pengaruhi Pemilihan Nama Bayi

Walau belum jadi yang populer, pemberian nama Dua meningkat sejak Dua Lipa merilis single pertamanya pada 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Dua untuk bayi di Inggris dan Wales naik dua kali lipat sejak penyanyi Dua Lipa merilis single pertamanya pada 2017. Di 2019, Olivia dan Amelia tetap jadi dua nama paling populer untuk anak perempuan, sementara Oliver dan George jadi yang paling banyak dipilih sebagai nama anak laki-laki.

Berdasarkan data Office for National Statistics (ONS) Inggris Raya, seperti dilansir dari Dailystar, Kamis, 27 Agustus 2020, nama Olivia dipakai 4.082 anak dan 3.712 untuk Amelia pada 2019. Disusul Isla pada urutan ke-3, dan Ava di posisi keempat. Sementara untuk anak lelaki, urutan tiga adalah Noah, disusul Arthur di posisi ke-4.

“Oliver dan Olivia melanjutkan kekuasaan mereka sebagai nama anak laki-laki dan perempuan teratas pada 2019, tapi analisa menunjukkan pilihan nama bayi dapat berbeda. Tergantung pada usia ibu,” kata David Corps dari ONS.

Para ibu muda di Inggris dan Wales lebih suka memilih nama lebih modern untuk anak-anak mereka, seperti Harper, yang telah meningkat ketika Beckham memberi nama anak perempuannya. Sedangkan, untuk ibu yang sudah lebih berumur, nama anak seperti Jack dan Charlotte masih jadi pilihan.

"Budaya populer terus memengaruhi lanskap nama bayi. Mengikuti single Dua Lipa yang jadi nomor satu di Inggris pada tahun 2017, jumlah gadis bernama Dua meningkat dua kali lipat dari 63 jadi 126 pada 2019,” ujar Corps.

Menurut data ONS, Freya dan Lily menggantikan Emily dan Ella yang semula masuk kategori 10 besar nama anak perempuan paling populer. Untuk urutan kelima hingga ke-8, nama untuk anak perempuan, yaitu Mia, Isabella, Sophia, dan Grace.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Naik-Turun Peringkat Nama Anak

Walau mengalami penurunan untuk nama Oliver dan Olivia, tapi fenomena ini tak cukup menjatuhkan posisi dua nama teratas tersebut.

Untuk anak perempuan, nama Hallie memiliki lonjakan tertinggi, yakni darii 22 ke 58. Lalu, nama Bonnie naik 19 peringkat dari 62.

Sementara, untuk anak laki-laki, yang paling naik tingkat adalah nama Tommy, dari 24 ke 26, sementara nama Chester, Hudson, dan Oakley semuanya naik 22 peringkat ke 90, 92 dan 98. (Vriskey Herdiyani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.