Sukses

10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia, Didominasi Asia

Liputan6.com, Jakarta -  Tiap orang biasanya menghindari tinggal di kota yang biaya hidupnya tinggi, meski hal itu juga bisa menunjukkan prestise seseorang. Apalagi di tengah krisis akibat corona Covid-19, biaya hidup terus meningkat karena krisis kesehatan ini berdampak terhadap gaya hidup masyarakat.

Hal ini mengubah daftar kota-kota dengan biaya hidup termahal di dunia pada 2020. Menurut 'Cost of Living Survey' yang baru dirilis Mercer ada beberapa kota yang mengalami kenaikan peringkat cukup drastis. Survei Biaya Hidup Mercer mengklaim sebagai salah satu survei paling komprehensif di dunia.

Survei itu mengacu kepada New York sebagai kota dasar untuk semua perbandingan dan pergerakan mata uang terhadap dolar AS. Survei dilakukan di lebih dari 400 kota di seluruh dunia, dan di tahun ini mencakup 209 kota di lima benua.

Sejumlah hal yang jadi ukuran survei adalah biaya perumahan, makanan, pakaian, transportasi, perawatan pribadi, barang-barang rumah tangga, dan hiburan. Seperti dilansir dari CNN, hasilnya, kota-kota di Asia mendominasi 10 besar daftar kota dengan biaya hidup paling mahal sedunia itu. Ada enam kota di Asia yang masuk daftar tersebut.

Bukan New York yang menempati urutan pertama, tapi Hong Kong. Ini untuk kali ketiga berurutan, Hong Kong menempati posisi pertama. Kerusuhan sosial dan demontrasi politik sempat memicu runtuhnya mata uang sehingga mereka mengalami krisis ekonomi di tahun lalu.

Namun, Hong Kong juga dianggap tepat dan cepat saat melakukan lockdown saat pandemi mulai mewabah. Perekonomian mereka mampu bertahan dan terjaga, meski berbulan-bulan sebelumnya sering terjadi kerusuhan politik di kota itu.

Yang mengejutkan adalah peringkat kedua yang ternyata ditempati Ashgabat, ibu kota sekaligus kota terbesar Turkmenistan. Selama setahun terakhir, Ashgabat telah menjadi pilihan dari imigran yang hendak tinggal di negara tersebut, dan menjadi impian bagi banyak orang lainnya.

Ashgabat disebut sebagai kota termahal untuk ditinggali, karena merupakan bagian dari negara di Asia yang kaya minyak, dan memegang rekor dunia untuk kota yang bangunan-bangunannya dihiasi dengan marmer putih, tentu ini menjadi daya tarik yang luar biasa.

Sementara, urutan ketiga dihuni kota di Asia lainnya yaitu Tokyo. Ibu kota Jepang ini memang sudah sejak lama punya biaya hidup sangat tinggi. Sementara, New York menempati urutan keenam.

2 dari 3 halaman

Indonesia dan Singapura

Lalu bagaiamana dengan Indonesia? Jakarta berada di urutan ke-86, naik 19 peringkat dari tahun lalu. Tapi Jakarta jauh di bawah Singapura yang menempati peringkat kelima, Sementara Manilai di urutan ke-80.

Berikut daftar 10 besar kota dengan biaya hidup termahal di dunia 2020

1. Hong Kong

2. Ashgabat, Turkmenistan

3. Tokyo, Jepang

4. Zurich, Swiss

5. Singapura

6, New York, AS

7. Shanghai, China

8. Bern, Swiss

9. Jenewa, Swiss

10. Beijing, China.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: