Sukses

Terkuak Rencana Melania Trump Renovasi Kebun Mawar di Gedung Putih

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah krisis kesehatan global yang tak mengecualikan Amerika Serikat. Sang ibu negara, Melania Trump, malah memutuskan sekaranglah waktu yang tepat untuk merenovasi kebun mawar di Gedung Putih.

Mengutip Vogue, Rabu (29/7/2020), tiga tahun sejak Donald Trump menjalani masa jabatan sebagai presiden, Melania telah berusaha menciptakan gerakan khas selayaknya kampanye Let's Move Michelle Obama maupun fokus literasi yang diusung Laura Bush. Upaya pemugaran ini disebut-sebut sebagai langkah terakhir untuk meninggalkan jejak di Gedung Putih.

Menurut laporan New York Times, rencana Melania dalam renovasi ini mencakup penambahan elektronik yang akan direpresentasi televisi, pembuatan jalan setapak, dan mendatangkan bunga, serta semak baru. Melihat rekam jejak renovasi yang dilakukan pasangan Trump, rencana ini sempat membuat publik khawatir. 

Tapi, Times melaporkan bahwa rencana renovasi Melania Trump lekat dengan desain orisinal yang diusung Jacqueline Kennedy dan Rachel Mellon. Seperti penanaman mawar putih dan merah muda pucat.

Dalam rencana awal yang dituliskan Mellon untuk White House Historical Association pada awal 80-an, ia mengatakan bahwa inspirasi pemugaran kebun mawar ini diambil ketika Presiden Kennedy dan ibu negara saat itu mengunjunginya di Cape Cod pada musim panas 1961. Ia menjelaskan, pasangan Kennedy menyadari bahwa Gedung Putih tak punya taman berkualitas atau panorama taman memukau yang membuat mereka terhibur selama berada di Eropa.

"Mereka menyadari pentingnya taman yang mengelilingi bangunan resmi dan kehadirannya dalam merangsang kepekaan publik," tutur Mellon.

2 dari 3 halaman

Simbol di Balik Keputusan Renovasi

Keputusan Melania Trump merenovasi bernuansa lekat dengan pasangan Kennedy dijelaskan tak mengejutkan. Pasalnya, ini bukan kali pertama pasangan Trump mengasosiasikan diri sebagai sebagai Camelot versi modern.

"Kita punya Jackie O. Kita sendiri," kata Trump pada Fox & Friends, tahun lalu. "Ia bernama Melania, Melania T."

Pada Senin, 27 Juli 2020, Melania menyebut bahwa renovasi kebun mawar ini merupakan bagian ekspresi akan harapan dan optimisme masa depan. Sudut di Gedung Putih ini sudah muncul beberapa kali saat Donald Trump melakukan media briefing tentang virus corona.

Pemilihannya dijelaskan Times sebagai penyokong kompleksitas presiden Amerika Serikat ke-45 tersebut. Renovasi ini membuat kebun mawar diperkirakan bakal sementara tutup tiga minggu ke depan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: