Sukses

14 Panduan Aman Belanja di Pasar yang Dibagikan Reisa Broto Asmoro

Menerapkan protokol kesehatan di pasar menjadi bentuk upaya mencegah transmisi corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi menjadi cara untuk menekan transmisi corona Covid-19. Begitu pula upaya-upaya pencegahan ini dilakukan ketika berada di ruang publik, seperti pasar.

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro berbagi panduan beradaptasi dengan kebiasaan baru seperti menjaga kebersihan dan kesehatan dengan disiplin menjalani protokol di pasar. Panduan ini dirangkum dalam IG TV yang diunggah di akun Instagranya, saat ia berada di Pasar Mayestik, Jakarta Selatan.

Reisa menyebut yang khas dari pasar tradisional di Tanah Air adalah bertemunya pembeli dan penjual. Lalu, mereka terlibat proses jual-beli dan juga melalui tawar-menawar. Interaksi pedagang dan pembeli tidak bisa dihindarkan.

Dalam video berdurasi empat menit dan 45 detik itu, ada beberapa panduan aman saat belanja di pasar yang dibagikan Reisa Broto Asmoro. Apa saja? Simak rangkumannya berikut ini.

1. Sehat dan fit. Reisa menyarankan bagi yang akan ke pasar dapat memastikan terlebih dahulu dirinya sehat dan fit.

2. Daftar belanja dan informasi. Susun daftar belanja terlebih dahulu dan pastikan cari informasi terlebih dahulu tentang barang dan pedagang yang ingin didatangi.

3. Bawa tas sendiri.

4. Cuci tangan. Jangan lupa untuk mencuci tangan di fasilitas yang sudah disediakan di pasar. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik.

5. Gunakan hand sanitizer. Biasakan cuci tangan dan gunakan hand sanitizer terutama setiap setelah selesai bertransaksi.

6. Pemeriksaan suhu tubuh. Pemeriksaan suhu tubuh sudah menjadi kewajiban di tempat umum, termasuk di pasar. Bila suhu di atas 37,3 derajat celcius, maka sebaiknya tidak keluar rumah. Pastikan istirahat dan pulihkan kesehatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakai Masker hingga Jaga Jarak

7. Menggunakan masker. Bawa masker ekstra untuk berjaga-jaga.

8. Satu arah. Saat ini arah berjalan di pasar diatur hanya satu arah, ikuti petunjuk arah dan pesan di berbagai alat peraga.

9. Jaga jarak.

10. Pengecekan petugas proaktif. Penerapan upaya pencegahan Covid-19 di pasar sangat membutuhkan peran pengelola pasar dan aparat dalam penertiban kedisiplinan masyarakat pasar.

11. 2 arah di area tangga. Usahakan ada 2 jalur tangga, pisahkan antara untuk yang naik dan turun.

12. Pembayaran online. Apabila ada metode pembayaran digital atau non-tunai, sebaiknya digunakan karena disebut Reisa ini lebih baik daripada kontak fisik langsung dengan orang lain. Namun bila belum ada, siapkan tempat khusus meletakkan uang.

13. Jangan sentuh area wajah. Saat berinteraksi di pasar, pastikan tidak menyentuh area wajah dengan tangan yang belum dipastikan kebersihannya.

14. Atur waktu efektif saat berbelanja di pasar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.