Sukses

Desainer Busana BLACKPINK Bermimpi Hanbok Jadi Tren Busana Global

Liputan6.com, Jakarta - Perbincangan tentang hanbok modern yang dikenakan personel BLACKPINK di video klip How You Like That masih belum usai. Detail dan padanan warnanya tetap jadi perbincangan, bahkan oleh orang di luar Korea Selatan.

Desainer di balik tampilan Jisoo, Jennie, Lisa, dan Rose yang mencuri perhatian tersebut, Danha, mengungkap bahwa ia tak pernah menyangka bisa menargetkan pasar internasional dalam penjualan hanbok.

"Tak pernah terpikir saat saya mulai usaha dua tahun lalu (hanbok jadi punya pasar internasional). Saya pikir, ini adalah kesempatan untuk memberi tahu dunia tentang pesona busana tradisional kita" ucapnya dilansir laman Allkpop, Rabu (8/7/2020).

Danha bercerita, ia sendiri sudah sangat terpesona dengan hanbok sejak kecil, bahkan mengenakan busana tersebut saat SMA. Saat dewasa, Danha membawa hanbok saat bepergian ke luar negeri, termasuk ketika menyambangi Amerika dan Eropa.

Setiap kali memperlihatkan hanbok pada warga lokal, mereka selalu mengatakan busana tradisional Korea Selatan itu sangat cantik. Dari pengalaman itu, Danha percaya, hanbok memang menawan di mata setiap orang. Itulah mengapa Danha memutuskan membuat label fesyen sendiri.

"Saya mau membuat modifikasi (hanbok) supaya semua orang bisa dengan mudah memakainya hingga jadi tren busana global. Tapi, interpretasi ini mustahil bila saya tak tahu tradisinya secara benar. Jadi, saya memutuskan belajar sejarah hanbok di Royal Dressing Research Institute pada Februari 2016," katanya.

2 dari 3 halaman

Kembangkan Tampilan Hanbok

Lalu pada 2018, Danha mengambil gelar master dan doktoral di jurusan tata busana di Sungkyunkwan University. "Aturan dasar saya dalam berkreasi adalah membuat apa yang saya sendiri mau kenakan. Saya banyak berpikir tentang mengembangkan tampilan hanbok, bukan secara praktikal, namun pergerakan, mengatasi rasa gerah, dan kesulitan mengenakan busana tersebut. Saya mau menunjukkan hanbok juga bisa dipakai sehari-hari," ucapnya.

Hanbok sendiri mulai kembali populer, baik di dalam maupun luar Korea, seiring tenarnya K-pop dan serial original Kingdom. Lebih banyak orang kemudian akrab dengan busana tradisional Negeri Ginseng tersebut.

Itulah alasan YG Entertainment tertarik dan memutuskan menggunakan hanbok modern sebagai salah satu busana para personel BLACKPINK saat comeback. "Busana yang dikenakan setiap member BLACKPINK tak mengenal batasan gender karena saya mengombinasikan jubah lelaki dengan atasan perempuan. Saya membuatnya supaya cocok dikenakan saat mereka harus menari dengan sangat energik," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: