Sukses

3 Tips Cegah Jerawat Karena Pakai Masker Tiap Hari

Penggunaan masker membuat udara di sekitar kulit terasa lebih panas dan lembap hingga menimbulkan jerawat.

Liputan6.com, Jakarta - Hidup di tengah pandemi corona Covid-19 mengharuskan setiap orang memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah. Di era new normal seperti sekarang ini, tentu kita harus tetap menjaga kesehatan agar tak mudah terpapar virus.

Bagi pekerja, tentunya masker harus digunakan setiap hari. Namun penggunaan masker ternyata bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Mengenakan masker yang terlalu lama dan ketat memang sangat bisa menimbulkan jerawat.

Seperti penelitian yang diungkap dalam Journal of American Academy of Dermatology, 83 persen pekerja kesehatan di Hubei, China, menderita masalah kulit pada wajah.

Sementara itu, Dermatologis di Manhattan, dr. Whitney Bowe mengungkapkan, penggunaan masker bisa memperburuk masalah kulit, seperti jerawat. Alasannya, penggunaan masker membuat udara di sekitar kulit terasa lebih panas dan lembap.

Lalu, bagaimana menghindari jerawat dari penggunaan masker? Dilansir dari New York Times, setidaknya ada tiga langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari atau meminimilasir timbulnya jerawat.

1. Bahan Masker dari Katun

Masker kain memang dianjurkan untuk melindungi kita dari penularan Covid-19. Jadi dalam memilih masker kain, cobalah pilih material katun. Alasannya karena bahan katun bisa membuat kulit lebih bernapas. Selain itu, rajinlah mengganti masker agar tetap bersih.

"Anda perlu memperlakukan masker seperti pakaian dalam dan sering-sering mencucinya," jelas Dr. Candrice Heath, asisten profesor dermatologi di Sekolah Kedokteran Lewis Katz di Universitas Temple.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Jangan berlebihan Memakai Skin Care

Jika menggunakan masker, usahakan tidak terlalu berlebihan mengaplikasikan skin care. Cukup pakai pemebersih wajah dan pelembap yang ringan. Nantinya, pelembap bisa berfungsi ganda, yaitu bisa melindungi kulit dari gesekan selain melembapkan.

3. Hindari make-up

Untuk sementara hindari dulu penggunaan make-up. Pakailah tabir surya setelah pelembap. Dokter Kulit di New York, dr Shari Marchbein menyarankan, gunakan pembersih lembut seperti micellar water untuk membersihkan muka.

Kalau kulit sudah berjerawat, cobalah pakai peroksida benzoyl hanya di area wajah yang terkena jerawat. Cukup dengan konsentrasi 2,5 atau 5 persen, bukan 10 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.