Sukses

Perayaan Ultah Ratu Elizabeth II Berlangsung Sederhana dan Tidak Dihadiri Keluarga

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II sebenarnya sudah berulang tahun pada April lalu. Namun ia baru bisa merayakan ulang tahun resminya pada Sabtu, 13 Juni 2020.

Ratu Elizabeth II menggelar upacara militer sederhana sebagai peringatan resmi hari ulang tahunnya ke-94 di Kastil Windsor di tengah kebijakan lockdown yang masih berlaku di Inggris selama pandemi corona. Kegiatan tersebut dirayakan bersamaan dalam upacara tradisional "Trooping the Color" yang dibuat sederhana karenapandemi.

Ratu Elizabeth II bersama Pangeran Philip terlihat menyaksikan parade militer dalam kelompok kecil di halaman kediaman mereka, yang merupakan penampilan publik pertama kedua pasangan itu sejak lockdown berlaku pada akhir Maret di Inggris.

Di hari spesial itu, Sang Ratu menampilkan gaya penampilan lembut dengan mengenakan setelan dress di bawah lutut berwarna hijau tosca. Dress tersebut dipadukan dengan topi jenis homburg dengan warna senada.

Dilansir dari BBC News, menurut salah satu sumber terdekat, baju itu dirancang oleh Angela Kelly yang merupakan penjahit Ratu dan pembuat pakaian ulang tahun Pasukan ke-94 untuk Ratu.

Ini adalah pertama kalinya kastil di sebelah barat London itu mengadakan acara untuk menandai ulang tahun resmi pemerintah sejak 1895, ketika sebuah upacara diadakan untuk menghormati Ratu Victoria.

Parade ini menampilkan prajurit dari Welsh Guard, yang menjalani pedoman pemerintah terkait Covid-19 dan imbauan untuk menjaga jarak setidaknya dua meter.

2 dari 3 halaman

Diberi Penghormatan Kerajaan

Acara yang biasanya menampilkan ratusan prajurit dan perempuan dari resimen paling bergengsi Inggris untuk tontonan kemegahan dan arak-arakan militer berabad-abad di depan ribuan penonton, dibatalkan karena krisis kesehatan.

Sang Ratu mengamati jalannya kegiatan upacara di Kastil Windsor dari podium dan diberi penghormatan kerajaan oleh pasukan.

Di Inggris, Ratu Elizabeth merupakan panglima angkatan bersenjata. Parade tersebut juga dijadikan momen bagi sang Ratu untuk meninjau para pasukan militernya.

Tidak seperti perayaan di tahun-tahun sebelumnya, perayaan Trooping the Color kali ini tidak dihadiri oleh keluarga kerajaan terkenal lainnya. Tak ada Pangeran William, Pangeran Harry, Kate Middleton, Meghan Markle, mereka tidak hadir karena memang situasi yang tak memungkinkan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: