Sukses

Krisis Corona Covid-19, Ratu Elizabeth II Batalkan Tradisi Saat Ulang Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II telah membatalkan perayaan ulang tahunnya untuk kali pertama sejak ia memulai memerintah 68 tahun lalu. Pembatalan ini tak lain karena penyebaran pandemi corona Covid-19.

Dilansir dari Hello Magazine, Minggu, 19 April 2020, Ratu Elizabeth II akan genap berusia 94 tahun pada Selasa, 21 April 2020. Biasanya ulang tahunnya dirayakan dengan hormat senjata dan "tindakan khusus" untuk menghormatinya.

Namun kali ini, Ratu Elizabeth II akan merayakan hari jadinya secara privat. "Kami tidak akan menandai ulang tahun Yang Mulia dengan cara khusus," kata sumber istana.

"Setiap panggilan, panggilan video dan lainnya dengan keluarga akan dilakukan secara pribadi dan tetap demikian. Tidak akan ada unggahan media sosial seperti biasa," tambahnya.

Sumber kerajaan juga menambahkan, tidak akan ada hormat senjata. Tak ada pula langkah-langkah khusus yang diberlakukan untuk pemberian hormat senjata karena Ratu merasa tidak pantas hal itu dilakukan dalam situasi saat ini.

"Kami percaya bahwa ini mungkin pertama kalinya dalam pemerintahan Ratu," ungkap sumber.

2 dari 3 halaman

Tak Ada Perayaan

Menurut orang dalam istana, DCMS (Departemen Digital, Media Budaya & Olahraga) juga telah menulis surat kepada gedung-gedung pemerintah yang memberikan saran standar tentang protokol pengibaran bendera tetapi memasukkan yang berikut dalam instruksi mereka.

"Dalam keadaan saat ini kami tidak mengharapkan semua orang untuk dapat mengikuti saran ini dan Anda harus terus mematuhi pedoman jarak sosial seperti yang ditetapkan oleh pemerintah," bunyi instruksi.

Ada hari-hari yang ditentukan untuk mengibarkan bendera Inggris di gedung-gedung pemerintah, dan ulang tahun Ratu Elizabeth II adalah salah satunya.

Biasanya, Ratu akan menikmati perayaan kedua dengan anggota keluarga kerajaan di Trooping the Color pada Juni. Namun seperti yang telah disampaikan sebelumnya, acara ini juga telah dibatalkan karena pandemi corona Covid-19.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: