Sukses

Perayaan Meriah Sambut Nenek 99 Tahun yang Sembuh Lawan Corona Covid-19

Kesembuhan nenek 99 tahun disambut dengan perayaan parade ketika ia keluar dari rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Kisah menyentuh tiada henti hadir di tengah dunia berjuang melawan corona Covid-19. Satu di antaranya datang dari seorang nenek berusia 99 tahun dinyatakan pulih dari virus corona baru.

Dilansir dari People, Minggu, 3 Mei 2020, awal April lalu, nenek bernama Anne Giardino didiagnosis dengan virus corona setelah dirawat di Rumah Sakit Stony Brook di New York, Amerika Serikat, demikian seperti yang dikatakan putrinya Camille Stordeur kepada People.

Kurang dari 30 hari kemudian, Stordeur keluarganya, dan tim di Pusat Rehabilitasi dan Kesehatan Dusun di Nesconset menyaksikan dengan air mata ketika Giardino dengan bangga berjalan keluar dari rumah sakit.

Sang nenek keluar dengan membawa kertas warna-warni yang bertuliskan, "Saya berusia 99 dan saya menghancurkan COVID-19!"

"Dia seorang ratu, dia Wonder Woman," kata Stordeur soal ibunya setelah parade pada Rabu, 29 April 2020.

Orang-orang berusia di atas 65 tahun berada pada risiko yang lebih tinggi untuk penyakit parah dari corona Covid-19 seperti juga orang-orang dengan masalah medis yang mendasarinya seperti kondisi jantung, obesitas, diabetes, penyakit hati, dan penyakit ginjal kronis, menurut Centers for Disease Control and Prevention.

Meski begitu, Stordeur mengatakan Giardino tidak memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya dan aktif di komunitasnya, melayani sebagai penceramah di rumah tinggalnya yang dibantu dua kali seminggu. Namun pada 3 April, Giardino mengalami batuk.

"Dia berbicara di depan orang banyak pada hari Rabu (menjelang) layanan Minggu Palem. Dia baik-baik saja dan kemudian menyerang napasnya. Ketika dia sampai di rumah sakit pada hari Senin, mereka segera memberinya oksigen," kata Stordeur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Dukungan

Meskipun dirawat di rumah sakit, Stordeur mengatakan dia bersikeras ibunya akan mengalahkan virus itu. "Aku tidak akan kehilangan ibuku karena COVID-19. Tidak mungkin, dia sehat. Dia terlalu kuat sebagai seorang perempuan," tambahnya.

Setelah seminggu di rumah sakit, Giardino dipindahkan ke pusat rehabilitasi desa kecil, tempat yang sama ia tinggal dua tahun yang lalu setelah jatuh yang merusak panggulnya.

Penduduk Smithtown tiba dengan tandu, menurut Wakil Presiden CareRite Centers Ashley Romano, dan menghabiskan 10 hari di sana sebelum Giardino secara resmi diperbolehkan pulang di depan kerumunan besar anggota staf yang bersorak-sorai, membawa balon pelangi, dan papan tanda pada Rabu, 29 April 2020.

"Itu adalah parade kehidupan berjalan dan itu luar biasa untuk melihat bagaimana dia sangat dicintai," kata Stordeur.

"Ketika orang datang dengan tandu dan mereka pergi berjalan, sebagai dokter yang bisa diharapkan oleh semua tim, saya pikir itu memberi orang biasa kesempatan untuk harapan dan inspirasi. Jika Anne bisa melakukannya, kita semua bisa melakukannya," kata Romano.

Pemulihan Giardino tentu saja tidak mengejutkan bagi Stordeur, yang tercatat bahwa ia menari dengan sepatu hak tinggi selama perjalanan ke Afrika Selatan ketika ia berusia 92 tahun, lebih suka sambuca daripada air, dan meminta es krim cokelat.

Sekarang Giardino sudah menetap di rumahnya, yang pengunjung tidak diperbolehkan datang karena pandemi, Stordeur mengatakan dia menantikan hari di mana mereka dapat bersatu kembali.

 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini