Sukses

2 Anak Inggris Sukses Hentikan McDonalds dan Burger King Beri Mainan Plastik Gratis

Liputan6.com, Jakarta - McDonalds berencana menghilangkan mainan plastik yang biasa diberikan gratis kepada anak-anak. Rencana itu bertujuan untuk mengurangi material plastik dari restoran cepat saji tersebut.

Sebagai gantinya, restoran itu akan memberikan boneka, mainan kertas, atau sebuah buku. Aksi itu diperkirakan bisa memotong lebih dari 3.000 ton plastik dari bisnis tersebut yang dimulai pada 2021.

Dilansir dari The Sun, Selasa (17/3/2020), kebijakan tersebut diambil McDonald's Inggris setelah dua anak dari Southampton membuat petisi untuk menolak pemberian mainan plastik gratis oleh restoran. Ella Mc-Ewan (10) dan saudarinya, Caitlin (8), berhasil mengumpulkan 500 ribu tanda tangan publik untuk hal itu.

Petisi disebar lewat laman Change.org sejak setahun lalu. Dalam keterangan petisi disebutkan bila keduanya mengaku sedih lantaran mainan plastik yang diberikan McDonalds dan Burger King telah membahayakan alam liar dan lautan.

"Kami ingin makan di Burger King dan McDonalds, tetapi anak-anak hanya memainkan mainan plastik yang diberikan kepada kami hanya untuk beberaapa menit sebelum dibuang dan membahayakan hewan-hewan dan mencemari laut," tulis mereka dalam petisi itu.

Merespons hal itu, McDonalds berencana menghilangkan mainan plastik per Mei dan memberikan buku sebagai gantinya. Inisiatif ini dimulai dari promosi Happy Readers yang selama tujuh tahun terakhir berhasil menyebarkan 90 juta buku dan didistribusikan bersama paket Happy Meals.

2 dari 3 halaman

Daur Ulang Plastik Mainan

McDonald's juga akan menggelar amnesti lima minggu mulai Mei 2020. Mereka berencana mengumpulkan mainan plastik dari 1.350 cabang restoran cepat saji yang berada di Inggris Raya dan Irlandia. Mainan plastik itu lalu akan didaur ulang untuk menjadi peralatan bermain untuk Ronald McDonald House Charities.

Gareth Helm, Kepala Pemasaran di Inggris mengatakan, "Kami sangat bersemangat untuk merawat lingkungan dan berkomitmen untuk mengurangi plastik yang digunakan dalam bisnis kami."

Ia menyatakan keluarga-keluarga di Inggris memiliki ekspektasi tinggi kepada kami. "Kami bekerja sekeras yang kami bisa untuk memberikan mereka kepercayaan diri bahwa Happy Meal yang dibeli bisa berkelanjutan," katanya.

Bila McDonalds akan memulai rencana itu pada Mei 2020, rivalnya, Burger King, baru akan menghilangkan mainan plastik mulai September 2020.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: