Sukses

Kedatangan Raja dan Ratu Belanda, Wisata Keraton Yogyakarta Tutup Seharian

Hari ini, Rabu (11/3/2020), Raja dan Ratu Belanda dijadwalkan bersilaturahmi dengan Sultan Hamengkubuwono X beserta keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti dijadwalkan menyambangi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Yogyakarta hari ini, Rabu (11/3/2020).

Dalam rangka menerima kunjungan Raja dan Ratu Belanda, akun media sosial Keraton Yogyakarta mengumumkan bahwa wisata keraton ditutup seharian penuh.

"Wisata akan dibuka kembali seperti biasa pada Kamis, 12 Maret 2020, pukul 08.30--15:00 WIB," begitu keterangan yang tertulis pada unggahan akun Instagram resmi Keraton Yogyakarta, Selasa, 10 Maret 2020.

Kendati demikian, pameran ABALAKUSWA di Bangsal Pagelaran tetap dibuka seperti biasa dengan tiket masuk Rp5 ribu. "Jam buka Senin-Kamis 09.00--16.00, Jumat-Minggu 09.00--21.00," sambung keterangan di unggahan yang sama.

Rabu pagi, (11/3/2020), unggahan Instagram Story akun tersebut memperlihatkan para pemain gamelan memainkan instrumen nan khas.

Rekam gambar yang dimaksud menyertakan keterangan bahwa benar Raja dan Ratu Belanda dijadwalkan bersilaturahmi dengan Sultan Hamengkubuwono X beserta keluarga.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Maksud Kunjungan

Melansir dari laman resmi Pemda D.I. Yogykarta, Rabu (11/3/2020), kunjungan Raja dan Ratu Belanda bermaksud untuk tapak tilas pendahulu mereka. "Atau mungkin ada hal-hal yang perlu dibicarakan," ucap Duta Besar Indonesia untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana telah menyambut kunjungan kenegaraan Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 10 Maret 2020.

Setelah berbincang singkat, acara penyambutan disambung dengan upacara penyambutan kenegaraan. Lagu kebangsaan Indonesia dan Belanda pun dikumandangkan. Jokowi juga mengajak Raja Willem dan Ratu Maxima untuk ikut upacara jajar pasukan dan penembakan meriam.

Kemudian, Presiden Jokowi mengajak Raja dan Ratu Belanda berbincang di beranda dan agenda dilanjutkan dengan penanaman pohon Cendana di Istana Bogor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.