Sukses

Studi: Minum Kopi Secara Teratur Dapat Membuat Tulang Lebih Kuat

Peminum kopi reguler memiliki kepadatan mineral tulang yang secara signifikan lebih tinggi, yang merupakan tanda dari tulang yang kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Minum kopi pada pagi hari jadi kebiasaan banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia. Secangkir kopi membantu orang dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa minum kopi memiliki manfaat tambahan, yaitu memperkuat tulang.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti di University of Hong Kong dan memiliki 564 orang Tiongkok dewasa dalam studi osteoporosis. Para ilmuwan membandingkan kepadatan mineral tulang peminum kopi biasa dengan mereka yang tidak, seperti dilansir dari World of Buzz, Rabu, 26 Februari 2020.

Mereka terkejut menemukan bahwa peminum kopi reguler memiliki kepadatan mineral tulang yang secara signifikan lebih tinggi, yang merupakan tanda dari tulang yang kuat.

Berdasarkan temuan mereka, mereka menemukan bahwa ada tiga molekul (quinasi, 3-hydroxypyridine sulfate, dan trigonelline) yang terkait dengan konsumsi kopi dan tulang kuat yang cenderung patah.

Beberapa keraguan muncul tentang hasilnya, karena penelitian ini relatif kecil dan berdasarkan pada orang yang melaporkan tentang konsumsi kopi mereka.

Manfaat kesehatan yang terkait dengan minum kopi hampir semuanya bersifat preventif. Para ahli mengatakan bahwa hasilnya cukup kuat menyimpulkan bahwa kopi baik untuk kesehatan tulang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Khawatir Efek Kesehatan

Chad Clinic dari Cleveland Clinic mengatakan mengatakan bagi sebagian orang banyak minum kopi dan khawatir tentang efek kesehatan. Namun, secara umum menunjukkan bahwa minum kopi baik untuk kesehatan tulang.

Sebelumnya, penelitian lain menunjukkan bahwa kopi sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan. Sebuah studi National Institutes of Health 2012 pada lebih dari 400 ribu orang di AS menyatakan bahwa mereka menemukan peminum kopi reguler memiliki risiko kematian yang lebih rendah, dari penyebab apa pun termasuk penyakit jantung, stroke, dan diabetes dibandingkan mereka yang tidak.

Pada 2017, studi lebih dari 500 ribu orang Eropa juga berkesimpulan sama. Minum kopi baik untuk jantung juga, karena individu yang minum tiga atau empat cangkir sehari mungkin 19 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena penyakit jantung.

Selain itu, kopi dapat membantu meningkatkan fungsi pembangkit tenaga sel peminumnya dan membantu mencegah masalah kesehatan.

Namun, ini tidak berarti bahwa Anda hanya minum kopi, tanpa melakukan aktivitas apapun. Hal terpenting yang juga harus dilakukan adalah tetap aktif dan menjaga pola makan sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.