Sukses

Cara Jessica Mila Tambah Berat Badan di Film Imperfect

Liputan6.com, Jakarta -  Aktor yang baik tentu harus bisa menjalani peran apa saja, termasuk yang menuntut perubahan fisik secara drastis. Hal itu juga dijalani Jessica Mila.

Ia berubah jadi wanita gemuk di film 'Imperfect' yang dibintanginya bersama Reza Rahadian. Penampilan barunya itu membuat pangling karena di kehidupan nyata, ia selalu terlihat ramping, dengan berat badan ideal.

Dalam film bergenre komedi romantis yang dirilis  pada 19 Desember 2019 tersebut, Jessica memerankan Rara, wanita muda yang sering mendapatkan perlakuan body shaming karena bentuk tubuhnya.

Demi peran tersebut, Jessica tidak mau memakai trik atau alat tertentu, ia memilih melakukannya secara alami serta tambahan makeup. Ia pun menambah berat badannya sampai 10 kg hanya dalam waktu 1 bulan 10 hari.  Hal itu perlu dilakukan wanita berusia 27 tahun ini agar penampilannya sebagai Rara yang gemuk terlihat lebih natural.

Sukses dengan perannya di ‘Imperfect' yang berhasil meraih dua juta penonton lebih, Jessica pun menceritakan proses penggemukan badan yang dijalaninya lewat video di channel YouTube miliknya. Di lain kesempatan, ia juga akan mengunggah proses penurunan berat badan seusai syuting.

Saat harus menambah berat badan, awalnya ia mengira itu adalah hal yang mudah dan cukup dengan menyantap semua makanan yang disukainya.

"Tapi ternyata nggak segampang itu, karena nanti harus turunin berat badan (lagi). Kalau aku makan aku sembarangan nanti susah lagi menurunkan berat badannya," ucap Jessica dalam video yang sudah ditonton lebih dari 3 juta kali itu.

2 dari 4 halaman

Tak Boleh Makan Gorengan dan Junk Food

Makanan yang dikonsumsi tetap harus sehat, namun memiliki kalori tinggi. Porsi makan juga ditambah dan waktu makannya jadi lebih sering.

"Normalnya sehari total kalori yang aku perlukan 1.500. Buat naikin berat badan harus makan 1.800 kalori, atau 2.000 kalori, atau bisa lebih," terangnya.

Proses penggemukan badan Jessica diawasi personal trainer dan ahli gizi. Ia diharuskan makan besar tiga kali dan camilan dua kali sehari. Makanan yang dikonsumsi harus yang sehat. Tak boleh ada gorengan, junk food atau yang tinggi gula.

Untuk sarapan misalnya, Jessica Mila harus makan 2-3 lembar roti dengan dua telur. Sedangkan untuk makan siang dan malam berupa kentang atau nasi dan daging ayam/sapi/ikan ditambah sayuran.

Untuk camilan, Jessica mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond dan mede, keju, dark chocolate serta buah-buahan. Dia juga wajib minum susu full cream tiga gelas sehari dan air putih 1,5 liter.

3 dari 4 halaman

Tidak Kuat Makan Banyak

Makan besar tiga kali sehari ditambah camilan ternyata terasa cukup berat bagi Jessica, karena dia terbiasa makan dengan porsi sedikit. Mengubah pola makan secara drastis membuat perutnya terasa penuh.

Akibat tidak kuat makan banyak, penambahan berat badan Jessica pun tidak sesuai dengan rencana awal. Untuk itu, proses penggemukan badan dibantu dengan minum susu penambah berat badan. Namun target mencapai 10 kg tetap tidak juga terpenuhi.

Cara terakhir adalah dengan minum vitamin penambah nafsu makan."Sejak minum vitamin itu baru bisa banyak makannya. Dari yang terpaksa makan sampai akhirnya aku makan dengan dinikmati," ungkapnya.

Tak hanya banyak makan, Jessica juga melakukan olahraga untuk menambah massa otot. Selain itu, olahraga penting dilakukan agar saat dia ingin menurunkan berat badan prosesnya jadi tidak terlalu sulit.

"Latihan lebih ke angkat beban, jadi nggak banyak gerakan yang bikin aku terlalu keringetan. Gerakannya lebih ke gerakan yang bangun massa otot," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: