Sukses

Ajang Puncak Oscar 2020 Hilangkan Menu Daging dan Botol Plastik di Meja Makan

Liputan6.com, Jakarta - Gerakan hijau di meja makan bakal diikuti pula oleh panitia The Academy of Motion Pictures Arts and Science. Mereka memastikan seluruh menu yang tersaji bagi para nominator Oscar 2020 nantinya berbasis tumbuhan.

Dengan demikian, tak ada olahan daging di piring saji pada 9 Februari 2020. Kebijakan itu juga berlaku untuk hidangan yang tersaji di lobi Dolby Theatre, tempat berlangsungnya ajang penghargaan bagi para insan industri perfilman itu.

Meski begitu, dikutip dari laman Hollywood Reporter, Rabu (29/1/2020), The Governors Ball, ajang pesta yang digelar seusai Oscar, akan tetap menyediakan menu daging tahun ini. Hanya saja, pihak panitia menyatakan 70 persen dari menu yang disajikan nanti berbasis tumbuhan.

Sisanya, menu-menu yang terhidang mengandung ikan, daging, produk susu, dan telur. Berdasarkan data The Academy of Motion Pictures Arts and Science, ajang Governors Ball sejak 2013 menyajikan menu yang setengahnya vegetarian.

"Akademi adalah organisasi para pencerita dari seluruh dunia dan kami berutang sebuah komitmen untuk mendukung keberlangsungan planet ini sebagai balasan atas keanggotaan global tersebut," demikian pernyataan tertulis dari organisasi tersebut.

Di pernyataan tersebut, Akademi pun telah berkomitmen mengurangi jejak karbon selama satu dekade terakhir. Panitia Oscar mengklaim, ajang penyelenggaraan bergensi itu menghasilkan nol jejak karbon.

"Kami akan terus memperluas rencana keberlanjutan untuk mencapai tujuan akhir kami jadi karbon netral," sambung mereka.

Hal lain yang juga turut dihilangkan dalam ajang Oscar adalah penggunaan botol plastik. Itu meliputi makan siang para nominator, acara puncak Oscar, dan Governors Ball.

2 dari 3 halaman

Bukan yang Pertama

Sebelum panitia Oscar mengumumkan rencana itu, sejumlah ajang penghargaan berskala dunia lain sudah lebih dulu menghilangkan menu daging dari daftar sajian sepanjang pesta berlangsung.

Golden Globes, Critics' Choice Awards, Screen Actor Guild Awards, dan WME adalah sederet acara yang menghadirkan menu vegetarian pada seluruh tamu. Hal tersebut didasarkan pada keyakinan bahwa menu tersebut lebih ramah lingkungan.

Kebijakan yang dimaksud disambut positif oleh aktor pemeran Joker, Joaquin Phoenix. Saat berpidato usai memenangkan Aktor Terbaik Golden Globes 2020, ia menyampaikan apresiasi pada Hollywood Foreign Press.

"Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih pada The Hollywood Foreign Press untuk mengenali dan mengakui keterkaitan antara peternakan dan perubahan iklim. Ini langkah yang sangat berani, membuat malam ini (menyajikan makanan) berbasis tumbuhan," ucapnya kala itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Donald Trump Kritik Kemenangan Film Parasite di Oscar 2020 Saat Kampanye
Artikel Selanjutnya
Ada Peran Chef Indonesia di Sajian Makanan Oscar 2020