Sukses

6 Khasiat Batang Pisang yang Dijual Mahal di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Nama gedebok atau batang pisang mendadak ramai dibicarakan karena jadi barang mahal di luar negeri.

Di laman Amazon, bubuk batang pisang segar dijual rata-rata di angka 24 dolar AS atau setara Rp327 ribu per 300 gram. Sementara, laman Laksmistore menjual sepotong batang pisang seharga 3,50 pound sterling atau Rp50 ribu.

Mahalnya harga sepotong batang pisang tak lepas dari manfaat yang dimiliki. Salah satu bagian dari pohon pisang ini dapat dimasak atau dikonsumsi mentah dalam bentuk jus. Berikut khasiat batang pisang yang dilansir dari Cure Joy, Kamis (23/1/2020).

Mengatur Tekanan Darah

Bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi, minum jus yang terbuat dari inti batang pisang yang lembut dapat membantu mengurangi dan mengatur tekanan darah.

Menyembuhkan Anemia

Jus batang pisang kaya akan zat besi dan vitamin B6 yang berguna meningkatkan kandungan hemoglobin dalam darah. Kandungan itu membuat jus batang pisang jadi bagian penting sebagai makanan untuk penderita anemia.

2 dari 3 halaman

Membersihkan Saluran Kemih

Jus batang pisang bersifat diuretik sehingga mampu menghilangkan racun dan membersihkan saluran kemih. Minum jus batang pisang setidaknya tiga kali seminggu dapat mencegah infeksi saluran kemih.

Mengobati Diabetes

Karena jus batang pisang dapat mengatur tingkat insulin dalam tubuh, maka sangat bermanfaat untuk mengobati diabetes. Kandungan serat yang ada dalam batang pisang mampu mencegah kadar gula darah naik.

Kontrol Berat

Konsumsi jus batang pisang secara teratur membantu mengontrol berat badan. Ini juga memfasilitasi pergerakan usus dan menjaga perut tetap sehat. Seratnya memperlambat pelepasan gula dan lemak ke dalam aliran darah, serta membantu menghilangkan lemak dari tubuh.

Membakar Lemak Perut

Menambahkan beberapa goresan jahe ke dalam jus batang pisang dapat membantu membakar lemak perut yang membandel. Pasalnya, kombinasi kandungannya membantu meningkatkan pencernaan dan metabolisme. Karena penuh serat, jus, bahkan secangkir rebusan batang pisang, yang memenuhi perut bakal membuat kenyang dalam waktu yang lama.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Awas, Konsumsi Pisang dan Susu Bersamaan Bisa Ganggu Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Makanan yang Baik untuk Mengatasi Sakit Perut