Sukses

Cerita Akhir Pekan: Bersantap di Restoran Vegetarian, Antara Rasa dan Harga

Liputan6.com, Jakarta - Restoran vegan dan vegetarian sudah tersebar di banyak lokasi di Jakarta. Hal ini memenuhi kebutuhan masyarakat yang seiring waktu lebih sadar akan kesehatan.

Meski ada tempat yang menunya tidak 100% khusus vegan, namun tetap saja terdapat pilihan enak untuk para vegan. Restoran vegetarian dan vegan bisa dibilang semakin marak belakangan ini.

Hal ini tidak lain karena semakin banyaknya orang yang menjalankan gaya hidup sehat. Di antaranya dengan menjadi vegetarian maupun sekadar menyantap menu vegetarian.

Vegetarian sendiri merupakan salah satu gaya hidup dimana seseorang akan mengontrol pola makan mereka dengan mengandalkan sayuran dan buah-buahan dan menghindari makanan yang mengandung daging atau unggas maupun produk turunannya seperti susu sapi dan keju.

Saat ini, warga di ibu kota juga sudah banyak yang menerapkan gaya hidup yang satu ini. Sepertinya inilah yang memicu munculnya restoran yang menyajikan makanan khusus untuk para vegetarian tersebut. Berbagai macam olahan makanan vegetarian pun tersaji demi menarik minat para mereka.

Dari beberapa restoran di Jakarta yang menyajikan menu vegetarian sebagai menu utama, Liputan6.com berkesempatan mencicipi menu dan dua restoran berikut ini.

Loving Hut

Di Ciputra World atau Lotte Shopping Avenue di kawasan Jakarta Selatan, ada restoran Loving Hut yang berlokasi di lantai 4. Loving Hut yang berdiri pada 2008, sudah punya beberapa cabang di Jakarta. Di Ciputra World, menurut salah seorang karyawannya, sudah ada sejak 2013. Mereka buka setiap hari dari pukul 10 pagi sampai 10 malam.

Dilansir dari laman resminya, mereka memiliki visi agar semua makhluk baik manusia, hewan, dan alam dapat hidup seirama dalam damai. Mereka menyajikan sederet menu mulai dari Indonesian Style seperti Nasi Lemak, Nasi Goreng, Nasi Bali Risjtafel, Crispy. Joy, Jakarta Golden Soup, kemudian Japanese Style seperti Seven Seas Delight, Thailand Style. Tom Yam soup, Thai Fragrant, dan lainnya.

Saya sendiri memesan Mushroom Fried Rice (Nasi Goreng Jamur), Loving Hut Salad dan Green Delight Juice. Untuk tiga menu vegetarian ini saya harus membayar sekitar Rp95 ribu.

2 dari 5 halaman

Kenyang, Segar dan Menyehatkan

Pertama saya coba Loving Hut Salad yang berisi sayuran dan buah-buahan fresh. Ada brokoli, irisan jagung, wortel dan kacang panjang yang disajikan hangat. Lalu ada potongan tomat, mentimun dan apel yang disajikan dingin. Plus semangkuk mayonaise sebagai dressing. Tampilannya sederhana tapi cukup menarik.

Rasanya cukup segar meski hanya dibalut dengan mayonaise. Cita rasa mayonaise juga sama dengan mayonaise pada umumnya meski tak menggunakan campuran telur dan susu. Tapi kacang panjang dan brokolinya menurut saya terasa kurang empuk.

Setelah itu saya menyantap Nasi Goreng Jamur. Rasanya hampir sama dengan nasi goreng pada umumnya, hanya bedanya tak ada wangi khas telur di menu ini.

Mungkin terasa agak janggal bagi Anda yang sudah terbiasa menyantap nasi goreng dengan telur, tapi bagi saya rasanya tidak mengecewakan dan pastinya bikin perut kenyang. Tambahan jamur gorengnya juga cukup enak dan gurih.

Usai menyantap habis nasi goreng, saya meneguk Green Delight Juice yang terdir dari campuran jeruk, sawi dan nanas. Agak sedikit asam tapi menyegarkan dan tentunya menyehatkan. Meski hampir semua menyajikan menu vegetarian, Loving Hut juga menyajikan menu daging sapi maupun ayam sebagai tambahan.

"Kita ada daging juga, karena ada menu nasi goreng dengan daging asap, tapi tidak banyak. Kita lebih mengutamakan makanan sehat, jadi di sini tidak ada menu telur dan susu atau mengandung susu," ucap salah seorang karyawan Loving Hut pada Liputan6.com, Jumat, 17 Januari 2020. 

3 dari 5 halaman

Burgreens

Untuk kedua kalinya saya bersantap di restoran vegetarian Burgreens, yang berlokasi di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Resto ini buka setiap hari dari pukul 08.30 sampai 21.30. Waktu pertama kali ke restoran yang sudah berdiri sejak 2013 dan sudah punya beberapa cabang di Jabodetabek ini pada tahun lalu, saya mencoba Vegan Rendang Burger dan Vegan Rendang Platter.

Menu Vegan Rendang Platter adalah menu nasi kuning campur, yang terdiri dari rendang jamur, sate tempe, jamur crispy dan sambal matah. Harga satu porsi Rp75 ribu dan dijamin bikin kenyang.

Rendang jamurnya tak jauh beda dengan rendang biasa dan jamurnya rasanya hampir sama seperti daging sapi, tentunya lebih empuk dan lebih menyehatkan. Tapi yang paling berkesan adalah Vegan Rendang Burger.

Dengan harga Rp65 ribu, kita bisa menikmati burger yang tak kalah enak dengan burger pada umumnya.  Rasa rendangnya berkesan banget dan seperti masih terselip di gigi dan lidah saya.

Di kunjungan yang kedua ini, saya mencoba dua menu, Vegan Ramen dan Burgreens Signature Bowl. Karena cuaca hari itu cukup dingin, saya sengaja memesan makanan berkuah. Rasanya ternyata cukup spicy dan gurih.

Seperti saya baca di daftar menu, mereka memakai mi tanpa gluten, lalu ada jamur hijau, jamur shitake, miso soup dan tofu. Kuahnya cukup banyak, dan paling pas menambahkan tempe crispy di dalamnya. Harga satu porsinya Rp75 ribu dan mengandung 543 kalori. Yup, di daftar menu bukan hanya tertera harga dan bahan makanannya, tapi juga jumlah kalori.

4 dari 5 halaman

Menu Terfavorit

Setelah menikmati hangatnya Vegan Ramen dan menyeruput Lemonade Infuse Water hangat, saya mencoba Burgreens Signature Bowl sebagai dessert. Menu ini terdiri dari sari kelapa, nanas, pisang, bayam, kale, susu kedelai dan spirulina yang ternyata jadi bahan dasar pembuat krim.

"Spirulina ini bahan dasarnya rumput laut yang ditumbuk dan diberi sedikit pemanis, ini memang termasuk menu favorit di sini," terang salah seorang karyawan Burgreens.

Dengan harga Rp65 ribu dan mengandung 527 kalori, rasanya tak rugi menyantap menu yang sangat enak dan menyehatkan ini. Ada dua hal lagi yang membedakan Burgreens dengan restoran vegetarian atau vegan lainnya, mereka memakai bahan sayuran dan buah-buahan organik dan menggunakan bahan ramah lingkungan.

Jadi, Anda tak akan menemui kemasan plastik termasuk sedotan di restoran yang sudah berdiri sejak 2013 ini. Mungkin, konsekuensinya harga makanan maupun minuman di tempat ini memang tak bisa dibilang murah. Ini memang menjadi dilema tersendiri.

Pilihan akhir tentu ada di tangan Anda. Kalau saya pribadi, rasanya tak rugi mengeluarkan uang lebih untuk menikmati Vegan Rendang Burger dan Burgreens Signature Bowl.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: Bangkit dari Keterpurukan Pasca-Kehilangan Orang Tercinta
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: Pentingnya Persiapkan Keuangan Keluarga