Sukses

Mundur dari Kerajaan Inggris, Bagaimana Harry dan Meghan Membiayai Hidup?

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dan Meghan Markle membuat keputusan mengejutkan di awal tahun ini. Mereka menyatakan mundur sebagai anggota 'senior' keluarga Kerajaan Inggris dan ingin mandiri secara finansial. Lalu, bagaimana Duke dan Duchess of Sussex membiayai hidupnya?

Kalau memang ingin hidup tanpa sokongan dana dari Kerajaan, Harry dan Meghan yang telah mempunyai seorang anak itu berarti tidak akan lagi menerima uang tahunan yang diberikan Ratu Elizabeth II.

Setiap tahun, sang Ratu mendapat upah "Sovereign Grant" yaitu mekanisme pendanaan bagi keluarga kerajaan sebesar 82 juta pound sterling atau sekitar Rp1,4 triliun dari pajak rakyat. Dari dana tersebut, Ratu Elizabeth II mengalokasikan 5 juta pound sterling untuk Harry dan kakaknya, Pangeran William.

Belum diketahui pasti seberapa besar pembagiannya. Namun menurut Daily Mail, William diyakini mendapat jatah yang lebih besar. Dengan begitu, dana untuk Harry kurang-lebih sebesar 2 juta pound sterling atau sekitar Rp36 miliar.

Sumber dana untuk Harry juga datang dari ayahnya. Pangeran Charles diketahui memiliki aset 'Duchy of Cornwall' senilai 1,2 miliar pound sterling. Tahun lalu, Pangeran Charles memberikan 4,9 juta pound sterling untuk kedua anaknya dari dana tersebut.

Selain itu, Harry dan Meghan yang dulunya seorang aktris memiliki kekayaan tersendiri. Kalau ditotal, nilainya mencapai 34 juta pound sterling atau Rp 617 miliar.

Dana tersebut tentu bisa menjadi pegangan mereka selepas keluar dari keanggotaan keluarga Kerajaan Inggris. Sebuah laporan dari Forbes menyebutkan bahwa kekayaan bersih keluarga kerajaan mencapai 88 miliar dollar AS atau sekitar Rp1.219 triliun.

Namun belum pasti apakah keputusan mundur yang diambil Harry akan mempengaruhi kekayaannya saat ini. Dalam sebuah sesi tanya jawab, Harry dan Meghan menekankan bahwa mereka akan tetap berdedikasi untuk memaksimalkan warisan kerajaan, baik di Inggris maupun di seluruh negara Persemakmuran.

2 dari 3 halaman

Pekerjaan Amal

Pangeran Harry sendiri pernah tergabung di Kemiliteran Inggris selama 10 tahun sebelum menikah. Ia sempat bertugas di Afghanistan dan mendapat jabatan sebagai Kapten.

Pada 2011 lalu, Harry dilaporkan menerima gaji sekitar Rp693 jutaan setahun.Ia juga diketahui mendapatkan warisan dari mendiang ibunya, Putri Diana. Menurut Forbes, Harry mendapatkan 10 juta dolar atau sekitar Rp138 miliar dari warisan itu.

Di sisi lain, Meghan Markle yang dulu merupakan seorang aktris juga mempunyai kekayaan sendiri. Jika ditotal, nilainya mencapai 34 juta pound sterling atau kurang lebih Rp617 miliar.

Mereka berdua mungkin saja sudah mempersiapkan tabungan khusus untuk pensiun dari anggota keluarga Kerajaan Inggris. Untuk beberapa tahun ke depan, mereka kemumgkinan besar tak akan mengalami masalah keuangan dengan kekayaan mereka sekarang ini.

Namun apa yang akan dilakukan Harry dan Meghan pasca keluar dari anggota senior kerajaan Inggris masih menjadi pertanyaan.

Belum diketahui pekerjaan apa yang akan digeluti Harry selain pekerjaan amal. Sedangkan Meghan, kabarnya tak akan kembali ke industri hiburan, melainkan mengerjakan pekerjaan amal dan pemberdayaan perempuan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: