Sukses

6 Destinasi Menarik Penang Malaysia untuk Liburan Akhir Tahun Bareng Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata liburan keluarga di Malaysia yang seru dan menarik tidak hanya Kuala Lumpur. Penang juga punya deretan tempat yang menarik untuk dikunjungi lho. Beribukota di George Town, Penang tidak hanya terkenal sebagai tempat berobat atau medical tourism, tetapi juga punya wisata budaya, hiburan, alam, dan kuliner yang menarik didatangi bersama keluarga maupun group tour.

Berikut ini ada 6 tempat wisata populer Penang Malaysia yang selalu jadi incaran turis lokal maupun mancanegara , termasuk turis asal Indonesia.

1. Kota Tua dan Street Art di George Town

Di sini banyak sekali bangunan-bangunan tua berusia ratusan tahun yang berdiri kokoh dan difungsikan sebagai sekolah, museum, bank maupun hotel. Gaya arsitekturnya pun menarik dan beragam, mulai dari China, India hingga kolonial Inggris. Tidak salah, jika George Town masuk World Heritage Site atau Situs Warisan Budaya Dunia Unesco.

Keunikan lain ketika Anda menginjakkan kaki ke George Town adalah street art painting yang tersebar di beberapa titik kota ini. Seperti halnya karya seniman Ernest Zacharevic memadukan beragam properti seperti sepeda, motor, hingga ayunan yang dapat memberikan kesan hidup. Tempatnya instagramable banget deh.

Selain berfoto dengan mural-mural cantik, Anda bisa menemukan banyak rumah-rumah ala Tiongkok, museum, toko souvenir dan barang antik. Salah satunya adalah Khoo Kongsi, rumah bergaya arsitektur khas Tiongkok yang selesai dibangun tahun 1906. Bangunan ini salah satu yang favorit dikunjungi wisatawan. Tempat instagramable lainnya adalah Avatar Secret Garden, datangi malam hari dan Anda akan dibuat terkagum-kagum.

2.  Kek Lok Si Temple

Penang semakin spesial karena daerah ini memiliki salah satu kuil Buddha terbesar yang ada di Asia Tenggara yakni Kek Lok Si Temple. Arsitektur bangunannya kental dengan budaya Tiongkok dan terlihat sangat mirip dengan kuil Buddha yang ada di Thailand. Kuil yang menghadap ke laut ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Cukup untuk membuat Anda terkagum-kagum.

3. Penang Hill

Dari suasana kota, kita beranjak menikmati suasana pegunungan di Penang Hill. Menariknya adalah Anda dapat merasakan perjalanan ke bukit penang dengan kereta kabel yang bergerak mendaki bukit. Bukit Penang sendiri berlokasi di ketinggian lebih dari 800 meter di atas permukaan laut. Hal ini memberikan iklim yang sejuk dan pemandangan terbaik George Town.

Banyak hal menarik yang bisa Anda nikmati di puncak Penang Hill, seperti berfoto di gembok cinta, mengunjungi owl museum yang menghadirkan koleksi mulai lukisan burung hantu, patung, sampai suvenir bertema burung hantu. 

4. Entopia Penang Butterfly Farm

Ingin mengenalkan anak-anak dengan binatang serangga yang cantik dan manis? Anda bisa mengunjungi Entopia Penang Butterfly Farm. Tempat ini memiliki dua konsep ruang, yaitu The Natureland dan The Cocoon.

The Natureland punya konsep outdoor yang menyatukan berbagai ekologi dengan koleksi binatang yang ada. Anda dan keluarga dapat berinteraksi langsung dengan lebih dari 15.000 kupu-kupu yang terbang di sekelilingnya. Ada lebih dari 200 spesies tanaman dengan fitur artistik seperti air terjun, kolam, dan gua. Sedangkan The Cocoon punya konsep indoor yang digunakan sebagai sarana edukasi dan atraksi menarik seperti tempat perkembangbiakan, hutan pandora dan lainnya.

Tidak jauh dari Entopia Penang Butterfly Farm, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata anak menarik seperti Penang Toy Museum. Museum di Jalan Teluk Bahang ini memajang berbagai jenis mainan dari seluruh penjuru dunia. Ada sekitar 100.000 koleksi Penang Toy Museum yang bisa Anda kagumi.

5. Pantai Batu Feringghi

Dari suasana taman kupu-kupu dan museum mainan, Anda bisa melanjutkan liburan ke pesisir pantai. Ada pantai menarik di Penang yang bisa Anda kunjungi yakni Pantai Batu Feringghi. Pantai ini memiliki pasir pantai putih bersih. banyak wisatawan datang ke pantai ini melakukan aktivitas watersport. Masuk ke pantai ini gratis, hanya aktivitas watersport saja yang berbayar.

Usai menikmati suasana pantai, Anda bisa melanjutkan menikmati suasana Batu Feringghi Night Market, pasar malam ini adalah tempat belanja murah di Penang dimana Anda bisa memborong oleh-oleh khas Penang dengan harga terjangkau.

6. Gurney Drive Hawker Centre

Gurney Drive Hawker Centre merupakan salah satu food street terbesar di Penang. Ada beragam jajaran toko dan jenis kuliner yang dijamin memuaskan kamu namun tetap ramah di kantong. Laksa Asam khas Penang wajib Anda coba. Kaldu ikan pedas dengan mie berbahan dasar beras ini dibubuhi daun mint, bawang bombai, kecombrang, dan cabai serta bumbu terasi yang bisa membuat Anda ketagihan.

Beberapa kuliner lain yang bisa Anda coba adalah char kuey teow, curry mee, nasi lemak pedas, rojak, ais kacang, teochew chendul, char koay kak, mee sotong, nasi kandar, sup daging Hameed, nasi biryani hingga ayam tandoori.  Di daerah Gurney Drive, ada juga Campbell Street dan Gurney Plaza yang merupakan salah satu tempat belanja murah di Penang favorit wisatawan.

Itulah beberapa destinasi wisata populer di Penang. Tentunya masih ada lagi yang lain yang bisa Anda nikmati. Tidak cukup kalau dibahas dari satu halaman ini. Yang jelas menuju ke Penang sangat mudah. Tersedianya penerbangan langsung dari kota-kota besar di Indonesia menuju Penang membuat liburan ke salah satu negara bagian federal di Malaysia ini menjadi semakin terjangkau dan menarik.

Untuk penerbangan hemat dan nyaman ke Penang, Anda bisa memilih maskapai AirAsia sebagai teman perjalanan Anda di udara. AirAsia hadirkan program terbang dari Jakarta menuju Penang mulai dari Rp 479 ribu untuk pemesanan mulai dari hari ini hingga 22 Desember 2019. Adapun jadwal terbang mulai dari hari ini hingga 31 Juli 2020 dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Kenapa Kamu Harus ke Labuan Bajo
Artikel Selanjutnya
Tahun 2019 Segera Berakhir, Yuk Manfaatkan Promo Tiket Pesawat Besar-besaran Ini