Sukses

6 Destinasi Wisata Kece untuk Habiskan Liburan Akhir Tahun di Brebes

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Tengah, nama Brebes lebih terkenal lewat komoditas yang dipasarkan, yakni telur asin dan bawang. Padahal, kabupaten yang berada di jalur pantai utara Jawa itu memiliki potensi wisata yang tak kalah dengan tempat lainnya.

Dengan dibukanya jalur tol Trans Jawa, Anda bisa lebih mudah mengunjungi wilayah dengan dialek ngapak. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Brebes.

Apa saja pesona wisata yang terdapat di Brebes? Berikut enam tempat yang direkomendasikan Liputan6.com seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis, 5 Desember 2019.

1. Agrowisata Kaligua

Brebes ternyata memiliki perkebunan teh yang tak kalah indahnya. Mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan hijau dari ketinggian 1.200 – 2.050 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dengan suhu yang mencapai 8-28 derajat Celcius, Anda jelas akan merasakan kesejukkan meskipun berada di tengah hamparan tumbuhan teh.

Selain menawarkan keindahan kebun teh, Anda pun dapat berkunjung ke spot lainnya, yaitu Telaga Ranjeng, Goa Jepang, dan Mata Air Teluk Bening. Fasilitas yang tersedia pun terbilang lengkap, seperti gazebo, aula, tempat parker, musala, dan toilet umum.

Wisata alam ini terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Anda jangan khawatir dengan tiketnya. Untuk masuk ke wisata ini hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp8ribu saja per orang. Namun, jika ingin berkunjung ke spot lainnya, Anda perlu membayar kembali sebesar Rp3ribu per orang.

 

 

2 dari 4 halaman

2. Ranto Canyon

Jika ingin berwisata sekaligus berolahraga, Ranto Canyon ini bisa menjadi jawabannya. Terletak di Gunungtajem, Windusari, Salem, Kabupaten Brebes, wisata ini menawarkan pengalaman yang memicu adrenalin.

Jika memiliki keberanian tinggi, Anda dapat melompat dari tebing yang memiliki ketinggian 10 – 20 meter dengan aliran air sungai di bawahnya. Anda pun bisa melakukan olahraga panjat tebing. Namun jika belum cukup berani, Anda bisa pula hanya berenang di sungainya.

Untuk berkunjung ke wisata ini, pengunjung cukup mempersiapkan uang sekitar Rp30 ribu--50 ribu saja. Dengan pembayaran itu, Anda sudah bisa menyewa pemandu sekaligus pelampung dan alat dayung untuk menyusuri sungai.

3. Hutan Mangrove Padansari

Hutan mangrove ini terletak di Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes. Jawa Tengah. Dengan latar rimbunnya hutan mangrove, wisata ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berswafoto. Di sana terdapat pula perahu yang dapat Anda sewa untuk menyusuri indahnya hutan mangrove  dengan latar belakang pantai.

Biaya yang dikeluarkan untuk menikmati keindahan tersebut hanya Rp15ribu untuk orang dewasa dan Rp10ribu untuk anak-anak. Jika di hari libur, biaya masuknya sebesar Rp20ribu untuk orang dewasa dan Rp15ribu untuk anak-anak. Pembayaran tersebut berlaku untuk semua fasilitas yang ada termasuk sewa perahu tadi.

4.  Pabrik Gula Jatibarang

Bangunan ini merupakan salah satu peninggalan zaman Belanda yang memiliki banyak spot foto menarik. Meskipun terlihat tua dan jadul, justru hal itulah yang menjadi daya tarik pengunjung.

Penampilan dari pengankut tebu, rel kereta api, dan infrastruktur yang kuno malah sangat Instagramable untuk Anda yang hobi berfoto. Lokasi pabrik gula ini berada di Jalan Raya Jatibarang-Slawi, Kecamatan Jatibarang.

 

3 dari 4 halaman

5. Kalibaya Park

Di Kalibaya Park, Anda dapat melihat suasana pegunungan dan hutan-hutan hijau dari sebuah ayunan yang menggantung di atas ketinggian. Destinasi ini dibuka sejak 2016 dengan tujuan untuk menambah perekonomian warga setempat.

Selain ayunan, Anda pun dapat berfoto di atas sebuah bambu dan kayu yang disusun menjadi bentuk-bentuk tertentu, seperti bintang, lambing hati, atau jembatan. Dengan latar belakang hamparan hutan, foto yang dihasilkan akan semakin apik dan romantis.

Lokasi destinasi ini berada di Pasir Panjang, Salem, Kabupaten Brebes. Anda dapat berkunjung pada pukul 08.00 – 17.00 WIB.

6.  Candi Pangkuan

Tak hanya menyimpan potensi wisata alam, Brebes juga memiliki spot wisata sejarah dengan keberadaan Candi Pangkuan. Menurut legenda, Candi Pangkuan ini dulunya dijadikan sebagai tempat upacara keagamaan.

Letak Candi Pangkuan ini berada di Cilibur, Paguyangan, Kabupaten Brebes. Wisata ini dilengkapi dengan fasilitas, seperti toilet, tempat parker, dan musala. Anda dapat berkunjung ke wisata ini pada pukul 07.00—17.00 WIB dengan membayar Rp5ribu saja. (Tri Ayu Lutfiani)

 

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Usai Raih Penghargaan Kota Wisata Terbersih ASEAN, Semarang Terus Dijaga Kebersihannya
Artikel Selanjutnya
Rindu Indonesia, Raffi Ahmad Unggah Video Pulau Komodo