Sukses

Apakah Klorofil Benar-Benar Membantu Atasi Jerawat?

Liputan6.com, Jakarta - Klorofil adalah zat warna hijau pada tumbuhan yang berfungsi untuk membantu proses fotosintesis. Tapi akhir-akhir ini, beberapa orang memasukkan klorofil dalam daftar perawatan wajahnya.

Melansir dari InStyle pada Rabu, 30 Oktober 2019, sebuah penelitian pada 2008 menemukan bahwa salep yang mengandung papain-urea-chlorophyllin (turunan dari klorofil) lebih efektif daripada salep OTC (antibiotik) pada penyembuhan kulit dan mengurangi rasa sakit pada luka.

Kemudian pada 2015, pasien jerawat ringan, jerawat sedang, dan pori-pori yang besar mengalami perbaikan pada kulit mereka setelah menggunakan krim klorofil selama tiga kali seminggu.

Dr Jeffrey S Frieling, seorang pemilik perawatan kulit di Broklyn, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa klorofil atau bahan tunggal apapun tidak bisa memecahkan masalah perawatan kulit. Ia berpendapat jerawat dan penuaan kulit dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk genetika, lingkungan, hormon dan gaya hidup seseorang.

Pendapat senada juga diungkapkan Joshua Zeichner, dokter di Rumah Sakit Mount Sinai, New York. "Klorofil memang menunjukkan manfaat pembaruan kulit dan antioksidan, tapi belum ada penelitian apakah itu lebih efektif dibandingkan dengan vitamin C dan retinol," kata Joshua. "Tapi untuk perawatan alami, menggunakan klorofil tidak masalah sama sekali," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Manfaat Lain

Menurut Nicholas Perricone, dokter kulit dan pencipta merek perawatan kulit Perricone MD, menjelaskan bahawa klorofil adalah antioksidan dengan sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Bisa memberi manfaat kesehatan, baik secara internal maupun ketika digunakan dalam salep.

Klorofil juga dipercaya oleh para artis papan atas seperti Mandy Moore dan Kourtney Kadarshian untuk kandungan dalam produk perawatannya. Salah satu produk yang disukai Kourtney Kadarshian adalah Chlorophyll Water yang diminum dalam bentuk kemasan.

Terlepas dari manfaatnya yang masih diragukan untuk perawatan kulit, kandungan antioksidan dari klorofil juga sangat bagus untuk melawan radikal bebas masuk ke kulit. Bahkan tanpa membeli produk perawatan khusus yang mengandung klorofil, Anda bisa menggantinya dengan bahan alami atau sayuran hijau yang biasa Anda makan seperti bayam, asparagus, kol hijau, kacang hijau brokoli atau matcha.

Menurut Gretchen Frieling, dokter yang berbasis di Boston menerangkan bahwa memilih pola makan nabati dapat membantu tubuh menangkal peradangan dan iritasi. Maksudnya, pola makan yang baik membuat kulit yang berkualitas dan tanpa jerawat. (Ossid Duha Jussas Salma)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mengatasi Jerawat Kistik di Wajah
Artikel Selanjutnya
Deretan Manfaat Daun Jambu untuk Atasi Masalah di Wajah