Sukses

Suami Martha Tilaar Meninggal Dunia di RSPAD Gatot Subroto

Liputan6.com, Jakarta - Profesor Henry Alexis Rudolf (HAR) Tilaar, atau lebih dikenal dengan HAR Tilaar, meninggal dunia pada usia 87 tahun, Rabu (30/10/2019), pada pukul 10.48 WIB. Ia mengembuskan napas terakhir setelah dirawat beberapa waktu dan disemayamkan di Rumah Duka Sentosa, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Suami Martha Tilaar ini dikenal sebagai sosok yang dihormati dalam dunia pendidikan nasional di Indonesia. Ia dilahirkan pada 16 Juni 1932 di desa tepi Danau Tondano, Sulawesi Utara.

Dikutip dari Wikipedia, karier mengajarnya dimulai pada 1952 hingga kini. Ia merupakan guru besar emeritus pada Program Pascasarjana dan Direktur Utama Lembaga Manajemen Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

HAR Tilaar adalah anak ketiga dari keluarga guru. Pada 12 Januari 1963, ia menikah dengan Martha Tilaar dan dikaruniai empat anak: Bryan David Emil, Pingkan Engelien, Wulan Maharani, dan Kilala Esra.

Ia menjalani pendidikan di Louwerier School (Sekolah Rakyat) pada masa kolonial Belanda pada 1946. Seusai menamatkan Sekolah Rakyat Tilaar melanjutkan pendidikannya ke Chr. Normaal School, Tomohon, dan tamat dengan pujian pada 1950.

Setelah lulus, ia meneruskan studinya ke pendidikan tingkat menengah atas di Kweek School, Tomohon dan tamat dengan pujian pada 1952. Pada 1957-1959, Tilaar meneruskan pendidikannya di Sekolah Pendidikan Guru B-I dan B-II Ilmu Mendidik di Bandung dan lulus dengan pujian.

Ia lalu berkuliah di Universitas Indonesia dan meraih gelar sarjana pendidikannya dengan yudisium cumlaude pada 1961. Pengalaman pendidikan Tilaar sendiri lebih terkonsentrasi pada jurusan pendidikan.

Kemudian pada 1964, Tilaar mendapatkan kesempatan belajar ke luar negeri di Amerika Serikat. Selama berada di negeri Paman Sam tersebut (1964-1965), dia belajar di University of Chicago melalui jalur beasiswa dari USAID.

Tilaar berhasil memperoleh gelar Master of Science of Education dari Indiana University, Bloomington, Amerika Serikat, pada 1967. Gelar Doctor of Education diperoleh Tilaar dari universitas yang sama pada 1969.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenang HAR Tilaar, Tokoh Pendidikan yang Lebih Suka Disebut Guru
Artikel Selanjutnya
Clean Beauty, Tren Inovasi Formulasi Kosmetik yang Mendunia