Sukses

6 Tanaman yang Membuat Meja Kerja Terlihat Elegan

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja dari pukul 09.00 hingga pukul 18.00 selama 5 hari seminggu sangat melelahkan. Kalau terlalu banyak kerjaan, perasaan jadi gelisah dan menguras motivasi untuk berpikir kreatif. Itu tanda harusnya Anda mengganti suasana baru dengan mendekorasi meja Anda dengan tanaman supaya tidak membosankan.

Dilansir dari Asia One pada Kamis, 24 Oktober 2019, penelitian menunjukkan bahwa tanaman yang diletakan di kantor dapat membawa manfaat bagi lingkungan kantor. Bisa meningkatkan produktivitas dan kepuasan pada pekerjaan. Tak hanya itu, ada beberapa tanaman yang dapat mengeluarkan racun dari udara.

Namun bukan sembarang tanaman bisa Anda letakkan di kantor, melainkan hanya beberapa tanaman yang bukan hanya memiliki manfaat menyaring udara. Selain itu, tanaman-tanaman itu memiliki penampilan yang menarik sehingga cocok diletakkan di atas meja Anda. Berikut Liputan6.com merekomendasikan enam tanaman yang cocok diletakkan di meja Anda.

1. Lidah Buaya

Tanaman ini sangat cocok untuk Anda yang sering melakukan perjalanan bisnis ke luar kota atau luar negeri, karena lidah buaya bukan tipe tanaman yang harus disiram setiap hari. Pemberian air untuk tanaman lidah buaya ini biasanya hanya direndam sedikit setiap dua minggu sekali.

Selama memiliki cahaya yang baik, tanaman ini bisa terus segar. Lidah buaya memiliki kelebihan dapat menyaring udara dan dapat menghilangkan zat seperti formaldehid (bahan kimia dengan aroma tajam) dan benzene (bahan kimia yang mudah terbakar) dari udara. Selain itu, gel di dalamnya juga dapat digunakan untuk mengobati luka, terutama luka bakar.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 3 halaman

2. Kaktus

Kaktus adalah salah satu tanaman yang banyak di letakkan di atas meja kantor. Meski memiliki berbagai ukuran pohon, ukuran mini seperti bonsai lah yang banyak diminati. Ada lebih dari 2000 jenis kaktus, tapi yang biasa diletakkan di meja yaitu spesies seperti myrtillocactus, echinocereus schmollii, atau cleistocactus winteri.

Spesies itu banyak dipilih karena sifatnya yang paling mudah bertahan tanpa air, jadi Anda tidak perlu sering menyiram. Hanya butuh sinar matahari untuk bertahan hidup. Selain itu, kaktus juga bisa membantu dekorasi di meja Anda jadi lebih minimalis.

3. Tanaman Jade

Selain dikenal sebagai tanaman pemanis ruangan, ia juga disebut sebagai tanaman hoki. Beberapa kebudayaan seperti Tiongkok atau Hongkong bahkan menjadikan tanaman ini sebagai simbol keberuntungan atau kemakmuran. Filosofinya berasal dari sifat daun yang mudah tumbuh dimanapun tanaman ini berada.

Untuk merawatnya, tanaman setek ini tidak butuh banyak cahaya karena daun aslinya berwarna hijau pekat. Kebanyakan tanaman Jade kalau kelebihan sinar matahari, warnanya akan menguning dan menjadi kurang menarik. Anda juga cukup menyiramnya jika tanah di bagian atas terasa kering saat disentuh.

4. Sansevieria

Tanaman ini mudah tumbuh di semua jenis tanah. Selain diletakkan di dalam ruangan, sebenarnya tanaman ini juga banyak ditanam di halaman rumah. Biasanya, mereka yang tinggal di desa menjadikannya pagar rumah karena daunnya bisa tumbuh tinggi dengan kokoh.

Tapi kalau menjadikannya tanaman mini, akan sangat cocok untuk diletakan di meja. Anda cukup dirawat dengan menyiramnya sebulan sekali. Letakkan di bawah cahaya, tapi jangan langsung terkena paparan sinar matahari.

3 dari 3 halaman

5. Terarium

Berbeda dengan tanaman lainnya, terarium adalah wadah transparan seperti plastik atau kaca untuk di isi tanaman di dalamnya. Anda bisa mengisi lebih dari satu tanaman mini di terarium Anda, dan bisa juga ditambahkan aksesoris seperti batu alam atau pasir yang berwarna-warni.

Terarium sering dijadikan media terapi untuk menenangkan pikiran Anda dan meningkatkan kreativitas. Untuk terarium, Anda harus rajin merawat sesuai tanaman yang anda tanam di dalamnya. Jauhkan dari jangkauan orang-orang, karena tanah di dalam terarium tidak padat dan mudah hancur.

6. Sirih Gading

Tumbuhan merambat ini sering ditanam di dalam pot agar batang rambatnya menggantung. Jika ingin melihatnya merambat, letakkan di atas ruangan dengan menggantungnya. Daun yang berwarna hijau dan bercampur kuning membuat tampilannya lembut dan menenangkan.

Tapi kalau ingin menaruhnya di atas meja atau rak arsip, Anda bisa merawatnya dengan memotong batang kalau sudah tinggi. Batang tersebut bisa Anda tanam lagi di pot lain, karena sirih gading adalah tanaman jenis setek yang mudah ditanam di mana saja.  (Ossid Duha Jussas Salma)