Sukses

Mendaki Tak Sampai Dua Jam dan Nikmati Sunrise di Gunung Bongkok

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang ingin liburan singkat tanpa memakan banyak waktu, ada lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Adalah Gunung Bongkok. Ini merupakan gunung lokasinya ada di Cikandang, Purwakarta.

Gunung Bongkok menjadi alternatif liburan bagi Anda yang ingin hiking dan melakukan kamping ceria bersama teman-teman. Tak perlu memakan waktu banyak. Untuk menuju puncak Gunung Bongkok dicapai hanya menempuh waktu sekitar 1,5 jam saja.

Gunung Bongkok memiliki dua puncak. Jika Anda ingin menikmati sunrise, wajib menapaki di puncak datar. Sesampainya di puncak datar, jangan lupa langsung abadikan momen bersama teman-teman.

Meskipun gunung ini hanya memiliki ketinggian sekitar 975 mdpl, namun Anda tetap harus berhati-hati. Apalagi ketika berada di puncak datar. Itu karena lokasi puncak datar curam karena kedua sisi gunung berhadapan langsung dengan jurang.

Kedua adalah puncak watu tumpang. Ini menjadi puncak tertinggi Gunung Bongkok yang menawarkan pemandangan waduk Jatiluhur dan Kota Purwakarta. Di puncak terdapat banyak bebatuan dengan ukuran yang cukup besar dan menjulang.

Meskipun area puncak watu tumpang luas, namun tidak cocok untuk mendirikan tenda. Selain permukaan yang penuh batu, angin di puncak watu tumpang kencang. Jadi Anda tetap harus waspada ya, meski hanya menikmati keindahan di puncak ini!

Kamping Ceria

Untuk menuju Gunung Bongkok, dari Purwakarta ke Plered, Anda bisa menggunakan angkutan umum atau mobil. Dari titik ini, kemudian ke Cikandang dan tiba di Pos Munclu dengan waktu tempuh sekitar 15-30 menit.

Nah pos ini menjadi tempat para pendaki atau wisatawan untuk melakukan kamping. Biasanya mereka yang ingin kamping, memilih bermalam sebelum menikmati sunrise. Jangan lupa untuk membawa persediaan air, ketika kamping karena sumber air terdekat sekitar 100 meter dari Pos Munclu.

Selesai pasang tenda, pagi hari tentunya sebelum matahari terbit Anda bisa summit dengan menempuh perjalanan sekitar 1-1,5 jam, menuju puncak datar.

Ketika akan naik ke puncak, ada beberapa titik yang harus diwaspadai di Gunung Bongkok. Di titik 700 mdpl, 800 mpdl, dan 950 mdpl, jalur cukup curam dan terjal. Jalur tersebut akan sangat licin ketika turun hujan.

 

(*)

Loading
Artikel Selanjutnya
Wagub: Majelis Taklim Bagian dari Dukungan Masyarakat untuk Visi Jabar Juara Lahir Batin
Artikel Selanjutnya
Menaker Ida Fauziyah Minta Pemerintah Daerah Tingkatkan Kualitas BLK