Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Lidah Buaya Bisa Kurangi Ketombe

Liputan6.com, Jakarta - Lidah buaya sudah lama dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang bermanfaat bagi tubuh. Selain menyehatkan kondisi dalam tubuh, lidah buaya juga memiliki segudang manfaat untuk kulit, seperti meredakan radang pada kulit yang sedang terbakar.

Sedangkan untuk rambut, selama ini lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang dapat menyuburkan dan melembapkan rambut saja. Tak banyak yang tahu, ternyata tumbuhan ini juga bisa mengatasi permasalahan ketombe juga.

Memiliki ketombe dapat membuat tidak nyaman dan kurang percaya diri. Selain itu, kondisi ini juga dapat mengganggu karena menyebabkan gatal dan kulit kepala mengelupas bahkan radang jika Anda menggaruknya terlalu kasar.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan ketombe, seperti penggunaan shampo atau konsultasi ke spesialis. Tapi, jika Anda ingin mencoba cara alami, salah satu caranya adalah menggunakan lidah buaya. Melansir dari Health Line, 14 Oktober 2019, gel yang terdapat di lidah buaya dapat memberikan efek dingin pada kulit kepala yang mengalami inflamasi.

Hal ini telah dibuktikan dari beberapa penelitian sains. Hasilnya adalah kepala yang dirawat dengan lidah buaya mengalami pengurangan kulit mengelupas dan tidak gatal. Dari penelitian lain, terbukti pula pada orang yang mengalami kondisi kulit seborrheic dermatitis di area wajah kian membaik hingga 80 persen.

Jelasnya, tumbuhan yang berada dalam ordo Asparagales ini dapat melembapkan sehingga kulit kering yang mengelupas dapat lebih ternutrisi. Lalu, lidah buaya juga dapat mengurangi iritasi karena ada kandungan anti-inflamasi dan enzim yang dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan. Ada pula andioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel di kulit kepala.

2 dari 3 halaman

Cara Penggunaan

Lantas, bagaimana cara menggunakan lidah buaya untuk rambut ini? Tak sulit melakukannya, Anda hanya membutuhkan daun lidah buaya yang masih segar. Lalu, potong bagian luar daun hingga didapatkan bagian dalamnya, atau biasa disebut dengan gel Aloe vera.

Pisahkan bagian gel dengan daun dan simpan di wadah tertutup. Gel ini bisa bertahan hingga seminggu atau lebih jika Anda menaruhnya di frezeer. Jika Anda bertanya, komposisi apa lagi yang harus ditambahkan, jawabannya adalah Anda tidak butuh tambahan kompisisi lain untuk mengurangi ketombe, cukup gel tersebut saja.

Jika Anda sudah ingin menggunakan gel ini, Anda bisa melakukannya sebelum atau sesudah keramas. Hanya saja, pastikan gel lidah buaya tersebut mengenai kulit kepala Anda. Lakukan langkah ini di seluruh bagian kulit kepala.

Diamkan selama 30 menit hingga satu jam. Lalu, bilas menggunakan shampo hingga bersih. Lakukan rutinitas ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Catatannya, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap aloe vera. Karena, jika kulit kepala terkena kandungan lidah buaya, justru dapat membuat kondisi ketombe semakin parah. (Novi Thedora)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kenapa Ketombe Bisa Hadir di Alis?
Artikel Selanjutnya
6 Tanaman yang Membuat Meja Kerja Terlihat Elegan