Sukses

6 Warna Jaket Kampus yang Ikonik

Warna kain pada jaket almamater bisa membawa nuansa tersendiri, citra dan atmosfer yang ingin diciptakannya. Apa saja warna jaket kampus yang banyak dipilih?

Liputan6.com, Jakarta - Tiap perguruan tinggi tentu punya ciri khas tersendiri. Salah satunya bisa dilihat dari jaket kampus mereka. Mereka yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi biasanya mendapatkan jaket untuk dipakai di acara tertentu.

Jaket umumnya dikenakan saat acara-acara resmi kampus maupun di luar kampus. Seperti saat menjalani Kuliah Kerja Nyata, acara seminar dan bahkan saat mengikuti demonstrasi. Dengan memakai jaket, mahasiswa bisa menunjukkan identitas kampusnya. Hal itu biasanya terlihat dari warna dan logo jaket.

Setiap perguruan tinggi di Indonesia memiliki jaket almamater dengan warna yang khas.. Warna kain pada jaket almamater memang bisa membawa nuansa tersendiri, citra dan atmosfer yang ingin diciptakannya. Apa saja warna jaket kampus yang banyak dipilih? Dilansir dari beragam sumber, berikut enam warna jaket kampus yang ikonik di Indonesia.

Jaket Kuning

Filosofi warna kuning adalah warna dari matahari terbit. Warna ini sering dihubungkan dengan keceriaan, kebahagiaan, orang pandai, dan energi. Warna kuning menghasilkan efek hangat, membangkitkan kegembiraan, merangsang aktivitas mental, dan membantu penalaran secara logis dan analistis.

Penyuka warna kuning dianggap lebih bijaksana dan cerdas dari sisi akademis. Jaket kuning identik dengan Universitas Indonesia (UI). Selain UI, beberapa kampus seperti Universitas Sriwijaya, Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Terbuka (UT), juga menggunakan warna kuning sebagai jaket kampus mereka.

Jaket Biru Tua

Warna favorit lain untuk jaket kampus adalah biru. Berdasarkan cara pandang ilmu psikologi warna biru tua mampu merangsang pemikiran yang jernih, Warna biru tua dirasa bisa bermanfaat untuk pikiran dan tubuh manusia.

Jaket almamater berwarna biru tua cukup banyak digunakan beberapa kampus di Indonesia.Ada Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Airlangga, ITB, IPB, Universitas Padjajaran dan masih banyak lagi.

Jaket Biru Muda

Biru adalah warna spesial yang melambangkan kepercayaan, kesetiaan, kebijaksanaan, kepercayaan diri, kecerdasan, kepercayaan, kebenaran, dan surga. Warna biru muda membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi,

Filosifi warna biru muda dikaitan dengan tipe kepribadian orang yang melankolis. Biru dengan cahaya yang dikurangi dapat memberikan nuansa ketenangan. Warna ini dipilih Universitas Riau dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai warna utama jaket kampus mereka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaket Hijau

Warna hijau cukup banyak menjadi warna jas almamater. Hijau adalah warna alam. Warna ini melambangkan pertumbuhan, harmoni, kesegaran, dan kesuburan. Hijau secara emosional dapat berarti keamanan.

Dalam ilmu kelambangan, hijau melambangkan pertumbuhan dan harapan. Beberapa kampus memilih jaket berwarna hijau, seperti Universitas Andalas, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan beberapa perguruan tinggi Islam, seperti Universitas Islam Negeri (UIN) dan Universitas Muhammadiyah.

Jaket Merah

Warna merah beraura kuat, memberi arti gairah dan memberi energi untuk menyerukan terlaksananya suatu tindakan.

Dalam psikologi warna merah memberi arti sebuah simbol keberanian, kekuatan dan energi, juga gairah untuk melakukan tindakan (action), serta melambangkan kegembiraan. Universitas Hasanudin (Unhas) memilih merah sebagai warna utama jaket kampus mereka.

Jaket Abu-abu

Warna abu-abu adalah warna yang menanpakkan keseriusan rasa tanggungjawab dan sifat kemandirian. Namun warna ini juga memiliki permaknaan abstrak, atau tidak jelas dan warna ini memiliki sifat stabil.

Salah satu kampus yang memilih jaket berwara abu-abu adalah Univeritas Gajah Mada (UGM). Meski begitu ada juga yang menyebutkan warna jaket almamater UGM adalah warna karung goni dan warna perjuangan. Alasannya, karena terinspirasi dari warna seragam tentara Indonesia di masa perjuangan kemerdekaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.