Sukses

Solusi Merapikan Gigi dengan Teknologi Clear Aligner

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi yang pesat dewasa ini menghadirkan inovasi menarik. Satu di antaranya adalah mendukung estetik lewat tampilan gigi yang terlihat lebih rapi lewat persembahan sebuah start-up baru bernama Rata.

Memproduksi clear aligner, Rata adalah langkah praktis dan masa depan dari kawat gigi yang berfungsi meratakan gigi. Bukan kawat atau retainer, produk ini menggunakan plastik yang aman untuk tubuh.

"Plastiknya BPA-free sangat oke untuk badan. Plastik ini medical device yang sudah ada izin kesehatan dan kita proses menjadi aligner," kata drg. Edward Makmur, CEO Rata kepada Liputan6.com di peluncuran offline store di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 16 September 2019.

Edward menambahkan ketebalan aligner Rata didesain tidak terlalu memberikan tekanan. Maka dari itu, pemakaian clear aligner tersebut sangat nyaman tetapi memberikan efek pada gigi.

"Ketebalan di bawah retainer yang biasanya 0,9 milimeter. Rata 0,75 milimeter yang tidak terlalu keras seperti retainer," lanjut Edward.

Penelitian dan pengembangan Rata dilakukan selama tiga tahun hingga akhirnya dapat memproduksi clear aligner. Resmi dirilis pada 29 April 2019, Rata memiliki konsep direct to customer yang memudahkan perawatan.

Customer dapat mengunjungi situs Rata dan mengisi kuisioner online dan mengisi riwayat gigi, di mana setiap kasus akan dievaluasi oleh tim dokter gigi. Setelah disetujui, baru diproses untuk diambil cetakan gigi yang juga dibantu tim Rata.

"Dokter gigi kita akan menjelaskan bisa jika ada gigi yang bolong harus ditambal dahulu atau dibersihkan karang gigi untuk bisa memakai clear aligner Rata," kata drg. Deviana, co-founder Rata.

Rata memakai sistem AI untuk memberikan simulasi pergerakan gigi. Bila disetujui oleh tim dokter gigi dan customer, Rata akan memproduksi aligner yang dikirim kembali ke customer.

2 dari 3 halaman

Pemakaian dan Harga

Pemakaian clear aligner pun disesuaikan pada kasus gigi setiap customer, mulai dari dua hingga enam bulan. Perawatan selama pemakaian ini pun sangat praktis dilakukan customer.

"Rata dipakai terus kecuali makan dan sikat gigi sangat sehat untuk kesehatan gusi juga. Membersihkan aligner cukup dengan air mengalir dan sikat gigi yang lembut," ungkap Deviana.

Rata sendiri merupakan produk buatan Indonesia dan mendapat dukungan Persatuan Dokter Gigi Indonesia. Bicara soal tekanan, clear aligner jauh lebih nyaman dibanding kawat gigi.

"Dari pandangan medis jauh lebih ngaman dipakai daripada kawat gigi karena kawat pressure-nya lumayan, sedangkan pressure aligner seperempat sakitnya dibanding kawat gigi," jelas Edward.

Rata memproduksi clear aligner yang lebih terjangkau yakni dengan harga lebih murah 80 persen dibanding kompetitor di bidangnya. Lantas berapa harga penggunaan clear aligner dari Rata?

"Kami offer masyarakat luas yang ingin merapikan estetik untuk beauty purpose bagi yang belum tahu. Harga kompetitif Rp7,5 juta untuk semua kasus gigi. Kami juga ingin memberi kesempatan customer memahami produk seperti apa berbasis online untuk melengkapi experience," kata Danny Limanto, co-founder Rata di kesempatan yang sama.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Orang Brasil Memiliki Senyum Termahal di Dunia