Sukses

Kuliah di Undip, Sopir Ojol Lulus dengan Nilai Memuaskan

Menjadi driver ojek online tak menghalangi seorang perempuan untuk kuliah dan lulus dengan predikat Cum Laude.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang menampilkan seorang mahasiswi Universitas Diponegoro (Undip) yang baru wisuda dengan nilai cumlaude dan memakai seragam ojek online (ojol) menjadi viral di media sosial.

Foto mahasiswi tersebut pertama kali diunggah oleh Giza lewat akun Twitternya @gizayeolsung, pada Rabu 7 Agustus 2019. sebelum akhirnya viral. 

"Hari ini Undip wisuda, trus dri sekian banyak foto wisudawan/ti yg rame di tl, ini satu2nya foto yg bikin gue merinding. Lemme intoduce you. Namanya lele, Junior gue anak FH undip. Dri semester 5 udah ngegojek sampe dia lulus hari ini," tulis Giza.

Lewat unggahan tersebut diketahui kalau perempuan yang berada dalam foto tersebut diketahui bernama Leony Sondang Suryani. Leony adalah junior Giza di Fakultas Hukum Undip.  Sejak semester lima dirinya menyambi kuliah sambil menjadi driver ojol.

Perempuan yang disapa Lele itu dipotret saat masih menggunakan seragam toga lengkap. Samir atau kalung wisudanya pun terlihat ada keterangan kalau ia lulus dengan predikat Cum Laude alias lulus dengan banyak pujian dan nilai memuaskan.

Menurut cerita dari pemilik akun @gizayeolsung, Lele mulai menjadi driver ojek online dengan alasan untuk membantu keluarganya. Disebutkan kalau ia harus membiayai adiknya yang harus sekolah. Selain itu, ayahnya dikabarkan sedang sakit saat ia memutuskan untuk menjadi driver ojek online.

"Gue bingung, gimana cara dia ngebagi waktu. Dia harus kuliah, latihan debat yg emang setiap hari dri sore sampe pagi, trus ngegojek. Gue aja pas semester 6, ngelepas organisasi supya fokus sama skripsi. Lah dia jalanin tiga-tiganya," tulis akun @gizayeolsung dalam unggahannya pada Kamis (8/8/2019).

Diceritakan juga kalau Lele ini mengambil jurusan Hukum dan Masyarakat. Padahal di Undip, mahasiswa dari jurusan ini dikenal lulusnya lama. Ia juga aktif di beberapa kompetisi lomba debat dan pernah menjadi juara.  Segala kesibukannya di kampus itu masih bisa ia imbangi untuk bekerja sebagai driver ojol.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin Salut dan Inspiratif

Ia juga tak lupa membagi waktu untuk keluarganya di rumah. Hal itu yang membuat teman-teman Lele kagum dan takjub dengan dirinya. 

"Latihan debat setiap hri dri sore smpe pagi, kerja sampingan driver gojek, wah kuliah keteteran tuh. NO FOR HER. See ? Dri jurusan yg kena kutukan pling lama lulus, dia berhasil lulus cepet, dan cumlaude :))) I AM SO PROUD," tulis akun @gizayeolsung.

Setelah ceritanya diunggah oleh akun temannya pada beberapa waktu lalu, kisah Lele pun viral. Hingga kini, cuitan tersebut telah mendapat retweet sebanyak lebih dari 23 ribu kali sampai berita ini ditulis.

Tentunya banyak warganet yang salut dan terinspirasi dengan perjuangan Lele dalam menyelesaikan kuliahnya.

"Salut, ngeliat etos kerja dan usahanya yg kyk gini," tulis pemilik akun @koroisthebest.  "Merinding baca tweet kamu. Junior kamu pantas jadi inspirator anak muda Indonesia," kata akun @AndriSatria.  "kak makasih sudah menginspirasi. bener, kita harus lakuin itu 100% 100% bukan malah setengah-setengah. salah persepsi slama ini," komentar akun @desyaw05.

Saat diwisuda, beberapa rekan kerja Lele sesama driver ojol juga terlihat ikut hadir. Hal itu membuktikan kalau ia juga mendapat dukungan dari tempatnya bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.