Sukses

Wah, Ada Rumah Mewah di Atas Gedung Thamrin City

Walaupun berbentuk rumah, Cosmo Park digolongkan pada hunian bertingkat. Sistem kepemilikannya pun sama dengan pembelian apartemen

Jakarta - Seperti apa rumah impian Anda? Kalau ingin punya rumah di dekat pusat perbelanjaan, di kawasan yang sangat strategis dan berlokasi di tempat yang tinggi, mungkin Cosmo Park pas bagi Anda.

Belakangan sedang viral sebuah foto yang menampilkan adanya komplek perumahan di sebuah atap gedung. Ternyata memang benar ada ratusan rumah mewah yang terletak di atap gedung Thamrin City, Jakarta Pusat. Area ini diberi nama Cosmo Park. Letaknya di lantai 10 gedung Thamrin City.

Perumahan ini juga sudah bisa terlihat dari Jalan KH Mas Mansyur yang mengarah ke Stasiun Karet. Namun, karena lokasinya diketinggian tentu tidak terlihat secara detail keberadaannya.

Dilansir dari jawapos.com, Rabu (26/6/2019) , pintu masuk ke Cosmo Park berada di lobi utama Tower Cosmo Mansion atau tepatnya di samping pintu hotel Amaris. Meski begitu, untuk naik ke lantai 10 membutuhkan akses khusus penghuni atau dengan bantuan petugas keamanan.

Di lobi Cosmo Mansion, pihak keamanan mengatakan hanya penghuni yang diperbolehkan masuk area Cosmo Park. Bagi tamu harus didampingi oleh agen penjual properti kawasan tersebut, atau ada izin dari penghuni.

"Di sini aksesnya terbatas, nggak bisa semua masuk," ucap seorang petugas di lobi Cosmo Mansion. Dari keterangan petugas tersebut, Cosmo Park sudah berdiri antara rentang waktu 2009-2010. Saat ini sudah tidak ada unit rumah baru. Memang masih ada yang dipasarkan, tapi itu merupakan rumah bekas.

Audi salah satu agen penjual properti Cosmo Park mengatakan rumah yang dia jual dikawasan itu memang dalam kondisi bekas huni. Harga yang ditawarkan saat ini sekitar Rp4,5 miliar.

Walaupun berbentuk rumah, Cosmo Park tetap digolongkan pada hunian bertingkat. Jadi sistem kepemilikannya pun sama dengan pembelian apartemen.

"(Sertifikatnya) dia pakai Strata Title di atas HGB (Hak Guna Bangunan) kayak apartemen," jelas Audi.Untuk pengurusan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pun bisa dibantu oleh agen. Perumahan ini punya beragam fasilitas umum, seperti lapangan tenis, kolam renang, jogging track dan dikabarkan adapula area kebugaran.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Punya Izin

Dengan harga Rp 4,5 miliar, pembeli bisa mendapat rumah dengan luas tanah 140 meter persegi. Luas bangunan 180 meter persegi dan bangunan terdiri atas dua lantai. Ada tiga kamar tidur, empat kamar mandi dan kapasitas listrik sebesar 6600 watt. Kondisi rumah semi furnished plus tiga buah AC dan dua buah WH.

Untuk keamanan, perunahan ini dijaga oleh security selama 24 jam.Lalu, apakah perumahan tersebut tidak melanggar peraturan? Menurut Benny Agus Chandra selaku Kepala Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta, bangunan tersebut sudah berizin.

Bahkan sudah lama berdiri, sebelum Joko Widodo (Jokowi) menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 2012. Keterangan ini tidak bertentangan dengan ucapan petugas di Cosmo Mansion yang menyebut sudah berdiri sejak 2009-2010.

"Ada SLF (Sertifikat Laik Fungsi) atau tidak itu yang perlu saya cek," ujar Benny kepada JawaPos.com.Benny menjelaskan, Cosmo Park termasuk hunian bertingkat seperti apartemen, meskipun bentuknya rumah landed. Hunian seperti ini diperbolehkan selama memenuhi unsur keselamatan dan keamanan.

Pendapat agak berbeda datang dari Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi, yag mengaku kaget dengan adanya perumahan mewah di atas Gedung Thamrin City.

Dia mengatakan bakal memanggil Sudin Citata Jakarta Pusat untuk mengecek kabar tersebut.“Dimana ada perumahan mewah di atas Gedung? Nanti saya akan cek dan panggil Citata untuk mengetahui detailnya seperti apa,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.