Sukses

Bella Hadid Dituding Rasis Gara-Gara Unggah Foto Angkat Sepatu di Media Sosial

Bella Hadid sampai menuliskan permintaan maaf dalam Bahasa Inggris dan Arab terkait tuduhan rasis yang dialamatkan kepadanya.

Liputan6.com, Jakarta - Supermodel Bella Hadid baru-baru ini dituding rasis setelah mengunggah sebuah foto yang menampilkan sepatunya diangkat ke arah jendela bandara. Di belakang foto sepatu yang terangkat itu terdapat pesawat dari Arab Saudi dan Uni Emirat Arab sedang terparkir.

Dilansir People, Selasa (18/6/2019), persoalan muncul karena posisi sepatu Bella seolah sedang menginjak bendera kedua pesawat yang terpasang di ekor pesawat. Hal itu dinilai sebagai tindakan tidak sopan dalam budaya Arab hingga memunculkan tagar #BellaHadidIsRacist.

Beberapa akun Twitter yang tidak senang dengan aksi adik Gigi Hadid tersebut juga meminta sejumlah brand yang bekerja sama dengan supermodel tersebut, seperti Dior dan Calvin Klein, menghentikan pemasangan foto Bella.

Setelah persoalan semakin memanas, perempuan berdarah Palestina itu segera membuat pernyataan maaf dalam Bahasa Inggris dan Arab di akun Twitter dan Instagram Story miliknya. Ia menyebut foto itu tak ada kaitannya dengan politik.

Pada cuitan berbeda yang disampaikan Senin, 17 Juni 2019, Bella juga menambahkan bahwa foto tersebut benar-benar kesalahan yang dibuat di pagi buta.

"Aku mengunggah hal ini untuk menjelaskan sejumlah hal yang membebani hatiku," tulis Bella dalam Instagram Storynya.

"Sebagai permulaan, aku tak pernah bermaksud menggunakan unggahan ataupun platform untuk menimbulkan kebencian pada siapapun, terutama mereka yang aku warisi keindahan dan kekuatannya. Aku cinta dan sangat peduli tentang Muslim dan sisi Arab keluargaku, seperti halnya saudara lelaki dan perempuanku yang berada di seluruh dunia," sambung Bella Hadid.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permintaan Maaf Bella

Bella Hadid menyatakan selalu menghormati dan berusaha membela apa yang ia rasa benar, khususnya yang berkaitan dengan Timur Tengah. Ia juga menolak dianggap menjelekkan nama Arab Saudi maupun Uni Emirat Arab.

"Hanya menyebarkan cinta dan keindahan yang hakiki dari mereka, seperti cara yang diajarkan Teta-ku dan ayahku kepadaku. Merasakan bahwa aku mengecewakan kalian itu sangat menyiksaku," tulisnya lagi.

Bella menyebut tak pernah menyadari latar foto yang diunggahnya akan menjadi masalah sebelum diunggah ke media sosial. "Aku tidak pernah bermaksud melecehkan maskapai-maskapai itu, apalagi negara-negaranya. Aku benar-benar cinta maskapai itu yang memiliki pesawat dan orang-orang terbaik," katanya.

Dia menutup pernyataannya dengan menyatakan permintaan maaf yang tulus kepada mereka yang dinilai telah tersakiti, khususnya kepada Arab Saudi dan UEA. Ia juga berjanji akan lebih bertanggung jawab di kemudian hari.

"Ini tidak pernah menjadi kasus dan aku berharap Anda bisa mengerti kesalahpahaman ini," kata dia.

Meski begitu, tak semua orang menerima permintaan maaf Bella. Bahkan, ada yang mengajak warganet lainnya untuk tak lagi membeli produk dari yang menggunakan Bella Hadid sebagai bintang iklan mereka.

"Langkah paling tepat untuk membela negara kita adalah setop membeli pakaian dari brand seperti Dior, Bulgari, Burberry, dll.." cuit seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.