Sukses

Begini Tips Kulit Ayam Crispy Renyah Tahan Lama

Liputan6.com, Jakarta - Kulit ayam yang kenyal dan berlemak sehingga beberapa orang menyingkirkan kulit ayam saat makan ayam. Karena lemak juga renyahnya tak bisa tahan lama saat digoreng krispi.

Kulit ayam mengandung lemak, tapi lemak dalam kulit ayam lebih banyak terkandung dalam jenis lemak tak jenuh dibandingkan lemak jenuh. Ada beberapa tips yang bisa dipakai agar kulit ayam bisa renyah dan tahan lama saat digoreng crispy, seperti dirangkum dari Fimela.com.

Buang Lemak

Pisahkan kulit ayam dan lemaknya jika tak ingin kulit ayam kenyal dan basah setelah digoreng. Lemak itu yang akan membuat kulit basah setelah digoreng. Jika disimpan dalam waktu lama, maka lemak akan membuat kulit ayam menjadi tengik. 

 

2 dari 3 halaman

Jeruk Nipis dan Air Kapur Sirih

Selain menghilangkan lemak dengan perasan jeruk nipis, rendam juga kulit ayam dengan menggunakan air kapur sirih. Larutkan kapur secukupnya, dan biarkan mengendap. Air yang telah bening itu yang digunakan untuk merendam kurang lebih 1 jam untuk menghilangkan lemak dan bau amis.

Putih Telur dan Tepung Beras

Setelah direndam air kapur sirih, cuci bersih dan bumbui. Agar gorengan jadi keras dan crispy, gunakan putih telur dan tepung beras. Selanjutnya direndam dengan bumbu, campurkan putih telur dengan kulit ayam, lalu balur merata dengan tepung beras.

Goreng Kering

Masukan kulit ayam yang telah dibalur dengan tepung ke dalam minyak panas hingga mengapung dan crispy. Supaya kulit ayam tak ingn menyerap minyak terlalu banyak, usahakan jangan terlalu sering membolak-baliknya hingga kecokelatan. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading