Sukses

Memanfaatkan Isu Rendang Crispy, Iklan Ayam Goreng di Malaysia Ini Tuai Pujian

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Selain membuat geram sebagian besar warganet di Asia Tenggara, isu rendang crispy ternyata mampu dilihat sebagai sebuah peluang bisnis yang baik.

Hal itu disadari dengan cepat oleh jaringan restoran cepat saji KFC di Malaysia, yang langsung mengeluarkan tagline 'Not Rendang' -- bukan rendang -- pada kampanye iklan ayam goreng racikannya paling baru.

Dikutip dari South China Morning Post pada Kamis (5/4/2018), KFC Malaysia mengunggah sebuah foto di Instagram, yang menunjukkan satu ember ayam goreng dengan latar belakang api yang menyala-nyala.

Judul foto itu berbunyi 'Bukan Rendang', yang disertai dengan tulisan : "Satu-satunya yang seharusnya renyah adalah ayam goreng kami".

Jaringan restoran cepat saji asal Amerika Serikat (AS) itu, juga turut mengucapkan selamat kepada kontestan Master Chef Inggris, Zaleha Kadir Olpin, yang tereliminasi setelah dikritik rendang ayam buatannya kurang renyah (crispy).

 

 

Pengguna Instagram mengatakan bahwa jika seseorang menginginkan ayam goreng renyah, maka yang terbaik adalah mengingat KFC.

Akun Sofysodikin7 mengatakan ayam goreng KFC sebagai 'crispy-est!'

"#wedontwantcrispyrendang #onlycrispyKFC," tulisnya.

Sebelumnya, mantan perdana menteri Tun Dr Mahathir Mohamad juga menanggapi isu rendang crispy tersebut di Twitter

Ia mentautkan kicauannya tersebut ke salah juri Master Chef Inggris, dengan berkata: "Mungkin Anda membingungkan ayam rendang dengan ayam goreng KFC."

 

Simak video pilihan berikut: 

 

1 dari 2 halaman

Kronologi Munculnya Isu Rendang Crispy

Sementara itu, banyak warganet di Malaysia dan Indonesia bersahutan memprotes komentar juri pada salah satu episode ajang lomba masak Master Chef edisi Inggris.

Dalam episode tersebut, rendang ayam -- yang menjadi pelengkap sajian nasi lemak -- milik salah seorang peserta, Zaleha Kadir Olpin, dinilai kurang renyah oleh juri.

Akibatnya, nilai yang telah dikumpulkan Zaleha pun berkurang, yang membuatnya tersingkir dari babak perempat final.

Dikutip dari Asia One pada Selasa, 3 April 2018, Zaleha sengaja memasak sajian nasi lemak sebagai jawaban atas tantangan memasak hidangan yang mengingatkan tentang memori indah.

Nasi lemak, menurut Zaleha, selalu mengingatkan momen masa kecilnya, saat masih tinggal di sebuah kota di negara bagian Kelantan, Malaysia.

Zaleha pun berusaha menyajikan nasi lemak terbaiknya, yang ditempatkan di atas piring besar, dengan menu pendamping yang terdiri dari rendang ayam, udang bumbu sambal, telur dadar, ikan teri, kacang tanah, dan irisan mentimun.  

Namun setelah mencicipi, salah seorang juri, Gregg Wallace, justru mengkritik rendang ayam buatan Zaleha, tidak cukup renyah pada kulit ayamnya.

Hal itu, menurut Wallace, mengurangi kekhasan nasi lemak yang menjadi sajian nasional Malaysia. 

"Saya suka rasa rendang, ada rasa manis, namun kulit ayam tidak renyah. Tidak bisa dimakan dan semua saus ada di kulit, saya tidak bisa makan," kata Wallace.

Zaleha tampak sangat kecewa mendengar komentar itu, dan kemudian terdengar mengatakan dirinya "patah hati" saat melepas celemeknya setelah eliminasi.

Artikel Selanjutnya
8 Makanan Oleh-Oleh Wajib dari Batam
Artikel Selanjutnya
6 Camilan Legendaris yang Cocok Jadi Menu Buka Puasa, Apa Saja?