Sukses

6 Buah-buahan Sunah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Bagi umat Muslim, Nabi Muhammad SAW merupakan manusia yang paling pantas diidolakan. Selain karena lidahnya yang tak pernah berdusta, cara dan gaya hidup Rasulullah merupakan cara yang terbaik.

Jadi wajar saja kalau makanan yang dikonsumsi Rasulullah juga tak luput dari penjagaan Allah SWT. Karena itulah, apa yang beliau konsumsi menjadi makanan sunnah yang wajib diteladani oleh seluruh umat Islam.

Bukan hanya karena alasan kesehatan, mengonsumsi makanan sunnah saat buka puasa dan sahur selama puasa Ramadan 2019 merupakan bentuk kecintaan kita kepada Rasulullah SAW.

Begitu juga dengan buah-buahan yang kerap dikonsums beliau. Dirangkum dari dream.co.id dan berbagai sumber lainnya, setidaknya ada enam buah-buahan yang sebaiknya dikonsumsi saat buka sahur dan buka puasa di bulan Ramadan 2019.

Kurma

Bicara soal makanan, terutama buah untuk buka puasa dan sahur, pasti yang terlintas di benak kita pasti adalah kurma.Sudah banyak hadis yang meriwayatkan betapa Rasulullah SAW sangat menyukai buah kurma ini.

Karena itu banyak yang menyebut kurma termasuk makanan sunnah yang sebaiknya dikonsumsi saat buka puasa dan sahur selama Ramadan.

Kurma mengandung gula alami yang dapat memberikan asupan energi setelah berpuasa seharian. Selain menguatkan tubuh, kurma juga berfungsi sebagai penawar racun dalam tubuh.

2 dari 4 halaman

Melon

Buah-buahan sunnah yang satu ini adalah sumber serat dan air yang sangat baik, jumlahnya hingga 90 persen dari total beratnya. Karena itu melon bisa mengurangi masalah perut yang tidak nyaman setelah buka puasa.

Melon berkhasiat membantu mengusir batu dalam ginjal dan kantung kemih. Selain itu, melon juga berfungsi sebagai obat pencahar bagi setiap cairan yang kebetulan ada di dalam perut kita.

Anggur

Sejak dulu buah anggur memang sudah terkenal punya khasiat yang luar biasa. Selain sebagai makanan penguat jantung, liver, dan paru-paru, makanan sunnah ini juga berfungsi sebagai zat kosmetik.

Bahkan, air perasan buah anggur digunakan untuk membersihkan wajah pada zaman dahulu. Anggur mudah didapat dan banyak penjualnya sehingga bisa jadi camilan sehat saat sahur dan berbuka puasa.Delima

Labu

Buah labu memiliki kandungan air yang sangat banyak, mencapai 97 persen. Kandungan air dalam labu berguna untuk menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi selama menjalankan puasa Ramadan.

Selain rasanya enak, labu juga mudah diolah menjadi aneka makanan lezat. Walaupun hanya dikukus begitu saja, rasa labu sudah sangat enak dan mengenyangkan.

3 dari 4 halaman

Delima

Buah delima termasuk salah satu dari buah-buahan di surga. Dalam sebuah hadis, Rasulullah menyuruh makan buah delima bersama kulitnya. Bahkan, biji buah delima bisa mengusir setan sekaligus menjaga manusia dari godaannya selama 40 hari.

Zaitun

Buah zaitun memiliki kandungan minyak yang sangat berkhasiat dan bermanfaat. Buah ini banyak digunakan sebagai penyedap makanan.

Namun zaitun sangat bermanfaat untuk kesehatan kalau buahnya dimakan langsung. Minyak buah zaitun hitam punya kandungan nutrisi yang sangat lengkap, dan berkhasiat mengatasi berbagai jenis penyakit.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kementan Bangun Sentra Buah-buahan di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Sampah Dapur Bisa Jadi Pengharum Ruangan yang Menyegarkan