Sukses

6 Fakta tentang Archie, Putra Meghan Markle dan Pangeran Harry

Liputan6.com, Jakarta - Setelah begitu dinanti, Meghan Markle dan Pangeran Harry akhirnya muncul ke publik bersama buah hati pertama mereka. Momen istimewa tersebut terjadi di St. George's Hall, London, Inggris, pada Rabu, 8 Mei 2019 waktu setempat.

Seperti yang diketahui, St. George's Hall merupakan tempat Meghan dan Pangeran Harry melangsungkan resepsi pernikahan Mei 2018 lalu. Setahun kemudian, di tempat ini pula mereka kembali berbagi kebahagiaan dengan wajah semringah.

Sementara, Meghan Markle melahirkan putranya pada Senin, 6 Mei 2019. Kabar tersebut juga disebarkan melalui akun Instagram resmi @sussexroyal. Tak lama berselang, video Pangeran Harry memberi pernyataan juga turut diunggah.

Saat itu, Pangeran Harry mengaku belum menentukan nama sang bayi. Dua hari kemudian saat muncul ke publik, ia dan Meghan juga turut mengumumkan nama putra mereka yakni Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

Apa arti di balik nama tersebut? Apa pula fakta lain mengenai putra pertama Meghan Markle dan Pangeran Harry? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

2 dari 8 halaman

1. Arti Nama

Melansir Harper's Bazaar, nama Archie adalah nama tradisional Inggris yang memiliki arti sama dengan nama Archibald yang berarti tulus dan berani. Meski tak dijelaskan apakah Archie sebagai panggilan dari Archibald atau memang hanya Archie.

Harrison berarti son of Harry atau putra Harry. Sedangkan, Mountbatten-Windsor merupakan nama khas yang telah beberapa kali digunakan sebagai nama belakang sederet anggota keluarga Kerajaan Inggris.

Sebut saja putra ketiga Ratu Elizabeth, Pangeran Edward yang memberi nama kedua buah hatinya yakni James dan Lady Louise dengan nama belakang Mountbatten-Windsor. Hal tersebut juga dilakukan oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle.

3 dari 8 halaman

2. Pengumuman Lahir

Selain melalui Instagram resmi keluarga kerajaan, pengumuman resmi kelahiran Archie juga disampaikan di depan Istana Buckhingham dengan memasang papan pengumuman. Ini merupakan salah satu tradisi kerajaan tepatnya setiap kelahiran bayi anggota kerajaan.

Pada papan pengumuman tertulis, "The Queen and the Royal Family are delighted at the news that Her Royal Highness The Duchess of Sussex was safely delivered of a son at 05.26 am today. Her Royal Highness and her child are both doing well."

Yang berarti, "Ratu dan keluarga kerajaan sangat senang dengan kabar bahwa Yang Mulia Duchess of Sussex (Meghan) telah melahirkan dengan selamat seorang bayi lelaki pada 05.26 pagi tadi. Ibu dan anak dalam keadaan baik."

Namun, tidak tampak tanda tangan dokter yang mengonfirmai kelahiran dalam pengumuman tersebut.

4 dari 8 halaman

3. Digendong Pangeran Harry

Pasangan Meghan Markle dan Pangeran Harry memang selalu sukses menjadi sorotan termasuk ketika penampilan pertama mereka ke publik bersama Archie. Saat hadir, bukan Meghan, tetapi Pangeran Harry yang menggendong sang putra.

Penampilan ini tampak berbeda dengan Putri Diana-Pangeran Charles sampai Kate Middleton-Pangeran William yang pose di hadapan awak media pertama kali dengan buah hati yang digendong oleh sang ibu.

5 dari 8 halaman

4. Kondisi Bayi

Archie lahir ke dunia dengan berat 7 pon dan 3 ons. Setelah persalinan hingga tampil ke publik, Meghan Markle dan putranya dikabarkan dalam kondisi baik-baik saja.

"The Duchess and baby are both healthy and well (Duchess dan bayinya sehat dan baik-baik saja)," bunyi keterangan di Instagram @sussexroyal.

6 dari 8 halaman

5. Lewat dari Perkiraan Lahir

Seperti yang diketahui, Meghan Markle dijadwalkan untuk melahirkan pada akhir April 2019. Lewatnya perkiraan lahir tersebut sempat menimbulkan banyak pertanyaan dan kegelisahan.

Kendati demikian, akhirnya teka-teki terjawab setelah Archie akhirnya hadir ke dunia pada Senin, 6 Mei 2019 pagi hari waktu London.

7 dari 8 halaman

6. Penampilan Archie dan Meghan Markle

Archie digendong Pangeran Harry terlihat dalam balutan selimut dan topi bayi serba putih. Melansir People, Meghan tampil cantik mengenakan gaun trench rancangan desainer Grace Wales Bonner.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: