Sukses

Cantiknya Masjid Al Akbar di Bandara Internasional Yogyakarta yang Baru

Masjid di dalam Bandara Baru International Yogyakarta ini desainnya cantik dan memiliki konsep ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Baru Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) sedang dipersiapkan pembukaannya. Menjelang peresmian, penampakan bandara di kawasan Kulon Progo ini telah beredar luas di jagat maya, termasuk Masjid Al Akbar.

Tempat ibadah yang dibangun di atas lahan seluas 760 meter persegi ini memiliki daya tampung hingga 600 jamaah. Berbeda dari kebanyakan masjid, dari luar bangunan ini terlihat berbentuk setengah lingkaran atau dome.

Dari udara, pengunjung bisa melihat masjid ini terlihat seperti bunga terbalik. Terdapat delapan kelopak berbentuk segitiga yang merupakan penyangga atap dengan pola membentuk setengah lingkaran.

Di atas atapnya pun tergambar pola geometri yang sangat cantik. Dominasi warna putih ditimpa pola geometri perpaduan hijau dan biru muda jadi dominasi pemandangan di sini.

Masuk ke dalam masjid, Anda bisa melihat interior minimalis sarat budaya. Ornamen batik kawung khas Yogyakarta mengelilingi dinding dalam masjid yang dibuat jadi ventilasi. Dominasi interior warna putih membuat masjid ini terlihat bersih dan besar.

Plus, masjid ini dibangun dengan konsep ramah lingkungan. Ruangan dalam masjid akan mendapatkan cahaya alami dari pagi hingga petang lewat ventilasi yang mengelilingi masjid. Pendingin ruangan pun tak ada karena angin bebas masuk ke dalam ruangan.

Di luar masjid di kompleks New Yogyakarta International Airport (NYIA) ini nantinya akan dibuat taman yang bisa dinikmati jamaah maupun pengunjung bandara. (Fairuz Fildzah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.