Sukses

Kisah Perempuan yang Terkenal karena Tak Pernah Berhasil Dibuat Tertawa

Liputan6.com, Jakarta - Tertawa bisa dikatakan sebagai salah satu respons paling umum bagi kebanyakan orang. Perbuatan ini tentu dilakukan bukan tanpa alasan. Biasanya ada tingkah konyol di balik gelak tawa. Jadi, bagaimana kalau ternyata tak ada yang bisa membuat Anda tertawa?

Sekitar 100 tahun lalu, hal ini terjadi pada perempuan yang dikenal dengan nama Sober Sue. Dilansir dari Bored Panda, Kamis (18/4/ 2019), pada musim panas 1907, seorang performer bernama Sober Sue muncul di salah satu panggung hiburan ternama saat itu.

Produser teater tempat Sober Sue muncul menawarkan 1000 dolar Amerika bagi siapa pun yang bisa membuat perempuan tersebut, tak perlu tertawa, tapi sekadar "memecah" bibirnya menjadi senyum.

Penawaran dengan harga menggiurkan itu segara membuat tak sedikit orang berkeinginan membuat Sober Sue tersenyum. Awalnya, orang-orang yang merupakan penonton naik panggung dan membuat wajah lucu, juga menyampaikan lelucon terbaik mereka.

Namun, mereka semua gagal. Kendati orang di sekitarnya bahkan sudah ada yang tertawa terpingkal-pingkal, dara yang kemudian dijuluki sebagai perempuan tak pernah tertawa ini tetap memperlihatkan wajah tenang.

2 dari 3 halaman

Sebab di Balik Sober Sue Tak Pernah Tertawa

Permainan naik level. Akhirnya para komedian profesional bergantian mempertontonkan materi terbaik mereka. Namun, Sober Sue tak pernah tertawa, bahkan tersenyum. Seiring waktu, namanya makin melambung dan membuat tak sedikit publik penasaran.

Ragam terori akhirnya muncul tentang wajah tanpa ekspresi Sober Sue. Beberapa teori mengatakan, ia buta atau tuli. Fakta kemudian terungkap di musim dingin di tahun yang sama saat kemunculan Sober Sue.

Ia tak bisa tersenyum atau tertawa karena otot wajahnya lumpuh. Willie Hammerstein, sekalu produser teater tempat Sober Sue muncul ternyata membayarnya 20 dolar Amerika per minggu, nominal yang menggiurkan di waktu itu.

Kemunculan perempuan tak pernah tertawa ini mendatangkan banyak keuntungan, termasuk pertunjukan gratis dari para komedian profesional. Namun, ketika hal ini terungkap, mereka mengecam perbuatan sang produser teater.

3 dari 3 halaman

Sosok Tetap Misterius

Kendati fakta di balik alasan Sober Sue tak pernah tertawa sudah terungkap, tetap banyak detail tentang perempuan satu ini yang masih jadi misteri hingga sekarang. Bahkan, foto dirinya saja tak tertinggal sebagai arsip.

Sebagian orang percaya, nama Sober Sue sebenarnya adalah Susan Kelly dan ia menderita Mobius Syndrome. Kondisi itu membuat Sober Sue berada di konidisi kesehatan langka dengan banyak tanda tak diketahui.

Loading