Sukses

6 Khasiat Ajaib Makan Pisang Dua Hari Sekali yang Jarang Orang Ketahui

Konsumsi pisang selama dua hari sekali, salah satunya dapat mengobati perut Anda yang sedang bermasalah.

Liputan6.com, Jakarta - Pisang adalah makanan yang sangat populer. Tumbuh di 107 negara, buah ini merupakan tanaman paling berharga keempat di dunia. Pisang sangat sederhana, tapi banyak digunakan untuk pelengkap es krim, sereal, dan yoghurt.

Pisang juga jadi salah satu camilan paling sehat yang bisa Anda miliki. Melansir dari foodprevent.com, Senin, 1 April 2019, berikut khasiat yang bakal didapatkan jika Anda mengkonsumsi pisang dua hari sekalii.

1. Menyeimbangkan RDA Detak Jantung

Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya kalium bagi tubuh. Kalium sebenarnya adalah salah satu nutrisi paling penting karena digunakan setiap sel dalam tubuh. Kalium juga berperan dalam menjaga denyut jantung stabil, menjaga tekanan darah yang sehat, dan memicu pelepasan insulin ketika dibutuhkan untuk mengatur gula darah.

RDA untuk kalium pada orang dewasa yang sehat adalah antara 3,5 ribu-4,7 ribu miligram (mg) per hari. Faktor-faktor lain seperti gaya hidup juga dapat memengaruhi jumlahnya. Dua pisang rata-rata mengandung sekitar 900 mg potasium. Sumber kalium lain yang baik termasuk kacang putih, kentang, bayam, semangka, dan tomat.

2. Membantu Mengaja Tekanan Darah yang Sehat

Keseimbangan natrium dan kalium bermanfaat menarik kelebihan air dari aliran darah menuju kandung kemih. Rata-rata, kurang dari dua persen orang dewasa Amerika Serikat memenuhi RDA harian mereka untuk kalium, yang berarti banyak orang memiliki faktor risiko signifikan untuk hipertensi. Konsumsi pisang dikatakan bisa menjaga keseimbangan keduanya agar tekanan darah stabil.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar penting untuk meminimalkan risiko kanker karena Anda mendapatkan dosis harian nutrisi penting tanpa tambahan garam, gula, pewarna makanan, dan bahan pengawet kimia.

Pisang dengan kandungan vitamin C tinggi sangat penting dalam memerangi radikal bebas karsinogenik. Serat dalam pisang juga penting untuk mengatur kesehatan pencernaan dan dianggap mengurangi risiko kanker kolorektal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsumsi Pisang Saat Perut Sedang Bermasalah

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mencapai keseimbangan natrium dan kalium yang tepat juga penting untuk kesehatan jantung. Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang yang mendapat setidaknya 4.069 mg kalium setiap hari memiliki risiko 49 persen lebih rendah risiko meninggal akibat penyakit jantung daripada orang yang mendapat kurang dari 1.000 mg.

Itu adalah jumlah yang tidak sedikit, tapi kandungan di dalam pisang bisa membantu mencapainya. Serat, vitamin B6, dan vitamin C, semuanya bekerja bersama mendukung jantung yang kuat.

5. Memenangkan Masalah Perut

Jika Anda pernah ke dokter saat sakit perut, kemungkinan besar dokter akan merekomendasikan Anda untuk mengikuti diet BRAT. Diet ini terdiri dari makanan dasar yang mudah dicerna seperti pisang, nasi, saus apel, dan roti bakar

Pisang bagus untuk menjaga sistem pencernaan Anda bahagia karena potasium membantu menstabilkan keseimbangan elektrolit. Serat juga membantu meningkatkan keteraturan buang air besar.

6. Sebagai Gula Alami

Gula adalah kata yang buruk dalam diet akhir-akhir ini. Tapi, ketika berbicara tentang pisang, Anda tidak perlu khawatir. Para ahli merekomendasikan pisang sebagai pengganti gula alami yang memiliki dosis serat nan sehat.

Serat membantu memperlambat pencernaan jika gula dan karbohidrat tidak cepat terbakar dan menstabilkan gula darah Anda. Karenanya, pisang adalah camilan tengah hari yang baik untuk Anda yang membutuhkan energi. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.