Sukses

Trik Jitu Menghilangkan Bau Amis pada Udang

Bagaimana cara untuk menghilangkan bau amis pada udang? Simak ulasannya berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Seafood merupakan salah satu sajian yang menjadi favorit banyak orang. Satu di antara hidangan laut yakni udang dapat diolah menjadi beragam masakan yang siap memanjakan lidah.

Namun sebelum memasak udang, Anda ada baiknya mengetahui terlebih dahulu cara untuk membersihkannya dengan benar. Salah-salah akan membuat udang beracun dan menimbulkan bau amis.

Lantas, apa saja trik jitu untuk membersihkan udang agar tak bau amis? Anda dapat mulai dengan membelah sedikit bagian punggung udang, lalu hilangkan kotoran yang berbentuk tali hitam pada punggung udang.

Kemudian, cuci udang dengan air bersih yang mengalir. Selain itu, Anda juga dapat memberi perasan air jeruk untuk menghilangkan bau amis. Namun Anda harus berhati-hati dengan tidak terlalu banyak memberi air jeruk karena dapat merusak rasa udang.

Ada pula hal yang perlu diperhatikan terkait tetap menjaga kualitas udang. Yakni lebih baik saat membersihkan udang tidak dengan memberi garam karena dapat merusak teksturnya.

Tak ketinggalan, ketika membersihkan udang kecil, Anda hanya perlu menyiramnya dengan air panas hingga warna udang berubah merah. Setelah itu, udang yang telah disiram dapat siap dikuliti. (Ivana Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.