Sukses

Supaya Tak Stres, Hadapi Pekerjaan Kantor dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar pekerjaan tak membuat stres. Apalagi, jika pekerjaan tersebut harus diselesaikan dalam waktu bersamaan.

Agar pekerjaan yang menumpuk tak membuat panik atau pun stres, perlu menyederhanakan pekerjaan. Artinya, menata dan mengatur pekerjaan yang ada sesuai waktu dan energi.

Aturan Pribadi

Ambil secarik kertas, lalu tuliskan jadwal harian dan mingguan untuk diikuti yang mencakup pekerjaan, waktu untuk keluarga, dan kebutuhan untuk istirahat dan rileks. Buat aturan pribadi, seperti tak membawa urusan pekerjaan di kantor ke rumah.

Mendelegasikan Pekerjaan

Jika ada pekerjaan yang bisa didelegasikan ke rekan kerja lain atau dikerjakan bersama tim, maka hal itu perlu dilakukan. Untuk meningkatkan produktivitas kerja pun, tentu perlu ada rasa saling percaya antar rekan kerja dengan komitmen bersama yang kuat.

Mendahulukan Pekerjaan Penting

Pekerjaan penting dan mendesak perlu didahulukan. Setelah itu, atur prioritas untuk pekerjaan yang tak mendesak.

Slot Waktu Khusus

Buat rincian jadwal yang terdiri dari jam dan menit untuk tiap pekerjaan yang harus dilakukan. Luangkan waktu atau jeda untuk istirahat. Dengan istirahat maka produktivitas kerja bisa meningkat. Tubuh yang terlalu lelah dan dipaksa terus bekerja keras malah akan sering membuat kesalahan dan bakal memperlambat kinerja.

Catat Semua Hal Penting

Pentingnya mencatat adalah untuk meringankan tugas otak. Kalau kita hanya mengandalkan ingatan, maka otak rasanya akan "penuh" dan bisa menurunkan daya konsentrasi bekerja. Ada baiknya untuk memiliki buku khusus untuk mencatat semua hal penting. Berbagai hal yang menyangkut pekerjaan bisa kita catat untuk memudahkan mengatur prioritas. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Wow, Ternyata Benda-Benda ini Bisa Menghilangkan Stres
Artikel Selanjutnya
6 Tips Liburan Bebas dari Bayang-Bayang Pekerjaan