Sukses

6 Masjid Favorit Umat Islam Saat Berkunjung ke New Zealand

Liputan6.com, Jakarta - Populasi umat Islam di Selandia Baru atau New Zealand mulai meningkat sekitar 1990an. Mereka didominasi imigran dari Asia Selatan dan Eropa.

Dilansir dari laman triangletravel.com, sekitar 1 persen penduduk New Zealand merupakan pemeluk agama Islam atau sekitar 46 ribu berdasarkan hasil sensus 2013. Seiring meningkatnya populasi mereka, keberadaan masjid, sekolah Islam, dan pusat kebudayaan umat Muslim juga semakin banyak.

Keberadaan masjid juga mempermudah turis Muslim beribadah saat berkunjung ke sana. Terdapat enam masjid yang menjadi favorit karena keindahan bangunannya dan fasilitas bagi jamaah yang cukup lengkap. Berikut rangkumannya.

1. Masjid At Taqwa

Berlokasi di Grayson Avenue, Manukau, Auckland Selatan, masjid ini termasuk yang tertua di New Zealand. Bangunan masjid terbilang sederhana dengan dinding kayu dan bentuk mirip gudang.

Masjid ini tak hanya dibuka untuk salat lima waktu, tetapi juga Salat Jumat, kelas hadis, dan dakwah mingguan dan bulanan untuk anggota komunitas. Masjid juga menjadi madrasah bagi siswa lelaki dan perempuan setiap Senin hingga Kamis, latihan netball khusus perempuan, dan bola voli serta football bagi lelaki.

2. Masjid Al Maktoum

Berlokasi di Westney Road, Mangere, Auckland, masjid ini juga dikenal sebagai Auckland Airport Masjid. Masjid berkubah hijau army ini pertama kali dibangun pada 2005.

Selain lokasinya yang dekat dengan Bandara Auckland, masjid ini juga memfasilitasi berbagai kegiatan, seperti salat Jumat, ruang salat khusus perempuan, tempat istirahat, dan parkiran yang luas.

3. Masjid Umar

Masjid megah yang berlokasi di Stoddard Road, Mount Roskill, Auckland ini terbilang salah satu masjid tersibuk dan terbesar di New Zealand. Bangunan masjid terbuat dari marmer putih dengan kubah dan lengkungan yang diukir di bagian dalam.

Selain membuka pintu untuk salat lima waktu, Masjid Umar juga menyediakan layanan pernikahan, program Ramadan, Haji, hingga layanan pemakaman. Ada pula madrasah bagi anak perempuan dan lelaki di masjid ini.

4. Masjid Ayesha

Masjid mungil ini berada di Maich Road, Manurewa, Auckland. Meski terbilang kecil, masjid ini cukup nyaman untuk mengakomodasi berbagai kegiatan keagamaan maupun sosial masyarakat.

Tak hanya sebagai pusat pembelajaran, masjid ini juga memfasilitasi upacara pernikahan, akikah, hingga layanan haji dan umrah. Bahkan, masjid juga sering menggelar acara sosial untuk jemaah seperti penggalangan dana dan olahraga.

5. Masjid Hamilton Jamia

Masjid yang memiliki satu menara ini terkenal sebagai salah satu masjid klasik di New Zealand. Masjid dengan struktur bangunan terbuat dari marmer itu memiliki tempat salat yang luas dan halaman belakang privat.

Masjid ini menjadi masjid terpopuler di New Zealand, khususnya kaum Muslim yang berada di wilayah Happy Terrace, Hamilton. Mereka mendatangi tempat ibadah ini setiap hari. Bahkan pada momen tertentu, seperti lebaran, taman yang ada berubah menjadi tempat salat saking banyaknya jemaah yang hadir.

6. Masjid Al Noor

Masjid yang berada di Deans Ave, Christchurch, Selandia Baru ini paling disorot saat ini akibat insiden penembakan yang terjadi saat Salat Jumat berlangsung, Jumat (15/3/2019). Masjid yang didirikan sekitar 1984 itu menarik perhatian dengan kubah keemasannya.

Masjid yang berlokasi di jantung kota Christchurch ini memiliki area salat yang luas, tempat wudu, hingga fasilitas komunal. Sejumlah kegiatan sosial sering berlangsung di tempat yang sebenarnya sangat damai dan tenang sebelum insiden mematikan terjadi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Viral, Bocah Bikin Tutorial Alis Pakai Sendok
Loading
Artikel Selanjutnya
8 Fakta Penembakan Masjid di Christchurch Selandia Baru
Artikel Selanjutnya
Indonesia Mengecam Keras Penembakan di Masjid Christchurch Selandia Baru