Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

11 Cara Mencegah Jerawat Secara Alami dan Menghilangkan Bekasnya, Hemat dan Mudah

Liputan6.com, Jakarta Memiliki wajah bersih, mulus, dan sehat adalah impian banyak orang baik pria maupun wanita. Sayangnya, masalah kulit seperti jerawat menjadi salah satu malapetaka kehidupan hampir bagi semua orang. Pasalnya, tak hanya membuat wajah tidak mulus, jerawat bahkan meninggalkan bekas yang seringkali kentara.

Munculnya jerawat salah satunya adalah ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Setiap perubahan hormon yang terjadi menyebabkan kelenjar yang menghasilkan lebih banyak minyak daripada biasanya. Karena aktivitas kelenjar ini meningkat, maka produksi sebum pada wajah juga meningkat.

Tumpukan sebum ini kemudian akan bercampur dengan kotoran dan sel kulit yang mati, yang berakibat pada pori-pori yang tersumbat. Pada kondisi kulit seperti inilah bakteri Propionobacterium acnes yang merupakan bakteri penyebab jerawat akan berkembang dengan cepat.

Meski sering muncul di wajah, sebenarnya jerawat merupakan penyakit kulit yang bisa muncul di beberapa bagian tubuh seperti leher, punggung, telinga, dan bahkan dada. Tidak heran jika hampir semua orang membenci jerawat karena mengganggu penampilan dan berujung pada berkurangnya kepercayaan diri.

Maka, sudah saatnya Anda mengetahui cara mencegah jerawat untuk tumbuh di wajah. Ketimbang memakai produk kimia yang mau tidak mau harus merogoh kocek, ada cara alami dan mudah untuk cegah jerawat yang bisa Anda praktikkan.

Untuk itu, yuk simak cara mencegah jerawat secara alami beserta cara menghilangkan bekasnya, yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (14/3/2019).

2 dari 3 halaman

Cara Mencegah Jerawat Secara Alami

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Cara mencegah jerawat secara alami yang pertama ini dapat membuahkan hasil yang positif jika Anda rajin melakukannya. Menjaga kebersihan wajah seperti rajin cuci muka setiap kali merasa kotor bisa mengurangi peluang timbulnya jerawat.

Namun, kata rajin tidak berarti sama dengan sering. Ketika beraktivitas seharian, wajah Anda akan bertemu dengan bakteri-bakteri jahat yang akan menempel di wajah. Maka dari itu, rajinlah mencuci muka agar terhindar dari jerawat.

2. Kurangi Konsumsi Kacang-kacangan

Makanan menjadi salah satu penyumbang timbulnya jerawat yang menganggu penampilan Anda. Berbagai jenis makanan akan meningkatkan kadar gula darah yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

Kacang-kacangan seperti kacang kulit ataupun kacang mete terkadang sangat ampuh mengundang jerawat mampir ke wajah anda. Untuk itu, kurangi konsumsi kacang-kacangan jika anda ingin memiliki kulit wajah yang mulus.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Pedas

Menjaga pola makan tak hanya bermanfaat bagi organ tubuh bagian dalam, tetapi juga luar. Selain pola makan, kandungan makanan yang dikonsumsi juga patut untuk menjadi perhatian. Makanan pedas seperti sambal dan semacamnya dapat memicu pertumbuhan jerawat di wajah anda. Maka, kurangi konsumsi makanan pedas sebagai cara mencegah jerawat.

4. Kurangi Konsumsi Makanan Asin

Makanan asin juga bisa menyebabkan tubuh menahan air dan pembuluh darah membengkak, terutama di bawah mata dan di atas pipi. Untuk mencegah hal itu terjadi, tidurlah dalam posisi kepala lebih tinggi dengan tambahan bantal dengan konsumsi makanan asin sewajarnya.

5. Resep Beras Putih

Beras memiliki banyak manfaat baik bagi kulit. Beras dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah. Beras juga bisa mengecilkan pori yang menjadi jalan timbulnya jerawat. Cara mencegah jerawat secara alami dapat dengan memanfaatkan resep beras putih.

Caranya, rendam segenggam beras di dalam mangkuk. Pisahkan air cucian yang pertama. Air cucian inilah yang akan digunakan untuk mencuci wajah. Jangan mengeringkan dengan handuk atau tisu, biarkan kering dengan sendirinya hingga air beras terserap kulit. Lakukan perawatan ini seminggu 3 kali.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Cara mencegah jerawat dapat dilakukan dengan memperbanyak minum air putih. Meminum air putih yang cukup dipercaya mampu merawat kecantikan kulit wajah dan menghindarkannya dari jerawat. Minum setidaknya 8 gelas air putih per hari agar kulit selalu lembab dan sehat.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

7. Jeruk Nipis

Menghilangkan bekas jerawat tidak harus dengan salep berbahan kimia yang membuat ketergantungan. Bahan alami seperti jeruk nipis mampu mengusir dan menghilangkan jerawat. Caranya, belah jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu usapkan air jeruk ke wajah yang berjerawat. Lakukan perawatan ini secara rutin.

8. Masker Alpukat dan Madu

Alpukat kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori-pori kulit. Sedangkan madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat anti-bakteri. Kombinasi kedua bahan ini mampu menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Ambil setengah bagian alpukat, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm madu. Aplikasikan pada wajah yang telah bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

9. Masker Pisang dan Kunyit

Kunyit memiliki sifat antioksidan anti-inflamasi, serta anti bakteri yang sangat berguna dalam pengobatan. Dengan kandungannya itu, kunyit dapat membantu penyembuhan luka dan membantu mengurangi noda bekas luka. Kunyit yang dioleskan ke wajah membantu mengurangi peradangan, pembengkakan dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat.

Namun, karena warna kuningnya dapat bertahan lama di kulit, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya. Anda dapat mencampur kunyit dengan bahan lain seperti pisang, madu atau alpukat lalu gunakan sebagai masker wajah.

10. Tomat

Tomat kaya akan kandungan vitamin A dan C sehingga baik dan ampuh untuk membasmi jerawat yang membandel. Terdapat dua cara menggunakan tomat sebagai masker. Cara pertama adalah dengan mengiris tipis-tipis tomat lalu tutupi wajah dengan irisan tomat. Cara kedua adalah dengan memblender 1 buah tomat lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

11. Pala

Biji pala merupakan sumber mangan, folat, vitamin B6, dan magnesium. Selain itu, pala mengandung senyawa antioksidan dan anti inflamasi. Ketika dioleskan pada kulit, kandunganya akan meningkatkan kesehatan kulit Anda. Pala membantu mengurangi peradangan, iritasi dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat dan membuat kulit Anda terlihat halus merata.

Nah, itu tadi ulasan mengenai cara mencegah jerawat secara alami dan menghilangkan bekasnya. Lakukan perawatan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

Loading